Disnaker Pasaman Barat berikan pembekalan pelatihan menjahit kepada masyarakat

id berita pasaman barat,berita sumbar,disnaker

Disnaker Pasaman Barat berikan pembekalan pelatihan menjahit kepada masyarakat

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Joko Santoso beserta jajaran saat memberikan pembekalan pelatihan menjahit kepada kelompok jahit di Ranah Batahan Pasaman Barat, Rabu. (antarasumbar/Istimewa)

Harapannya bisa membuat peluang usaha baru yang berdaya saing untuk menambah pendapatan keluarga,
Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pembekalan pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) jurusan jahit kepada Kelompok Seroja Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Rabu.

"Pembekalan ini diberikan kepada masyarakat dalam rangka penciptaan usaha baru melalui pemberdayaan kelompok," kata Kepala Dinaker Pasaman Barat, Joko Santoso di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan saat pembekalan itu diberikan bantuan mesin jahit sebanyak 10 unit yang difokuskan kepada perempuan yang belum bekerja dan pengusaha pemula.

Menurutnya pembekalan tersebut guna meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam usaha menjahit.

"Harapannya bisa membuat peluang usaha baru yang berdaya saing untuk menambah pendapatan keluarga," ujarnya.

Ia menyebutkan keterampilan yang diterima ibu-ibu selama mengikuti pelatihan akan menjadi bekal tambahan untuk lebih mandiri dan meningkatkan keterampilan menjahit.

Ia menjelaskan pelatihan itu dilaksanakan mulai tanggal hari ini sampai 8 Desember 2020 bertempat di Kantor Wali Nagari Nagari Batahan.

Dalam pembekalan itu, katanya peserta tidak hanya diberi pelatihan secara teori, tapi langsung mempraktikkannya dengan narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM, Bank Nagari dan kewirausahaan instruktur menjahit yang berpengalaman.

Ia berharap pembekalan ilmu pengetahuan yang diberikan dapat diaplikasikan serta sasarannya dapat menyerap banyak tenaga kerja baru lainnya sehingga bisa menekan angka pengangguran di Pasaman Barat.

Ia menambahkan saat ini jumlah warga Pasaman Barat yang bekerja dari umur 15 sampai 65 tahun ke atas mencapai 185.371 orang, jumlah pengagguran 9.016 orang dengan jumlah angkatan kerja 194.387 orang.***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar