PSDA Sumbar dorong komunitas jaga kelestarian sungai

id berita pesisir selatan,berita sumbar,sungai

PSDA Sumbar dorong komunitas jaga kelestarian sungai

Tahapan pengukuhan Pengurus Komunitas Peduli Sungai dan Pantai Nagari Kambang Barat periode 2020-2025. (antarasumbar/Istimewa)

Pembentukan pengurus komunitas juga merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan banjir yang terjadi sepanjang tahunnya di Lengayang,
Painan (ANTARA) - Kepala Dinas Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sumatera Barat (PSDA Sumbar) Rifda Suriani mendorong komunitas menjaga kelestarian sungai dari tindakan yang merusak seperti penambangan liar, pembabatan hutan yang tidak terkendali dan lain sebagainya.

"Menjaga sungai bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga masyarakat baik secara umum maupun yang tergabung kedalam komunitas," katanya usai menghadiri pengukuhan Pengurus Komunitas Peduli Sungai dan Pantai Nagari Kambang Barat periode 2020-2025 di Kambang Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa.

Menurutnya, dengan lestarinya sungai maka beragam manfaat akan didapat mulai dari terjaganya ekosistem sungai, terkendalinya debit air sehingga banjir bisa diminimalkan.

Menurutnya, Pengurus Komunitas Peduli Sungai dan Pantai Nagari Kambang Barat merupakan yang kedua terbentuk di Sumatera Barat.

"Pembentukan pengurus komunitas juga merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan banjir yang terjadi sepanjang tahunnya di Lengayang, terakhir banjir terjadi pada Sabtu (31/10) dan berdampak pada 3.988 kepala keluarga," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekretariat Kabupaten Pesisir Selatan, Muskamal yang mewakili kepala daerah setempat dalam mengukuhkan Pengurus Komunitas Peduli Sungai dan Pantai Nagari Kambang Barat, menyebut upaya melibatkan pengurus komunitas ialah untuk memasyarakatkan berbagai proses menjaga kelestarian sungai.

"Dengan melibatkan komunitas kami berharap seluruh elemen masyarakat berkenan berbaur dan bergabung dalam berbagai kegiatan yang dijalankan tanpa prasangka negatif," ujarnya.

Ia mengatakan kedepan banyak tugas yang akan diemban oleh Pengurus Komunitas Peduli Sungai dan Pantai Nagari Kambang Barat mulai dari tugas pendampingan, perencanaan, hingga sosialisasi seputar upaya menjaga kelestarian sungai.

"Kami dari pemerintah kabupaten mengapresiasi pembentukan pengurus komunitas terutama kepada pemerintah provinsi dan pihak terkait lainnya, semoga kedepan mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah," sebutnya.

Sementara itu, Pengurus Komunitas Peduli Sungai dan Pantai Nagari Kambang Barat, Zulkarnaini menyebut dalam waktu dekat pihaknya bersama dengan tim akan segera menyusun program kerja serta terus berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk menyempurnakannya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar