Partai Demokrat Serahkan 560 Berkas Perbaikan Bacaleg

id Partai Demokrat Serahkan 560 Berkas Perbaikan Bacaleg

Jakarta, (Antara) - Partai Demokrat menyerahkan 560 berkas perbaikan bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum dengan mendaftarkan 26 wajah baru pengganti bacaleg sebelumnya.

"Kami di sini hadir secara resmi menyerahkan daftar bacaleg DPR RI setelah perubahan. Terdapat 26 wajah baru dari kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat dan kader partai," kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarifudin Hasan di Jakarta, Rabu.

Syarif mengatakan, penambahan 26 bacaleg tersebut dilakukan berdasarkan masukan dari masyarakat sejak tahap verifikasi bacaleg pada 22 Arpil 2013.

Terkait prosentase keterwakilan perempuan, Syarif mengemukakan bahwa Partai Demokrat tetap mengusung 37 persen keterwakilan perempuan pada masa perbaikan.

Menurut Syarif, bacaleg Demokrat yang didaftarkan ke KPU terbebas dari dinasti politik, karena partai menerapkan kebijakan bahwa bacaleg yang berasal dari satu keluarga inti tidak boleh mendaftarkan lebih dari dua orang.

"Jadi, dari satu keluarga inti yaitu ayah, ibu, kakak dan adik, hanya boleh mencalonkan dua orang, meskipun mereka adalah kader yang sudah memperjuangkan partai," tutur Syarif.

Selain itu, Syarief mengklaim bahwa seluruh bacaleg Demokrat terbebas dari kasus hukum, artinya tidak dinyatakan tersangka oleh penegak hukum.

"Yang dikatakan tersangka itukan yang sudah dinyatakan bukan dari asumsi dan persepsi, tapi dari instansi terkait yaitu penegak hukum. Kalau belum ada, kami anggap bersih," kata Syarif, menegaskan. (*/sun)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar