Kepala TK di Payakumbuh raih penghargaan tingkat nasional

id berita payakumbuh,berita sumbar,tk

Kepala TK di Payakumbuh raih penghargaan tingkat nasional

Kepala Taman Kanak-kanak (TK) Arruhama, Nora Martini berhasil menjadi salah satu dari lima Kepala Sekolah Inovatif dan Inspiratif Tingkat Nasional yang digelar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (antarasumbar/HO)

Saya kaget saat disurati ikut dalam nominasi. Sekarang malah lebih terharu lagi saat ditetapkan sebagai lima besar,
Payakumbuh (ANTARA) - Kepala Taman Kanak-kanak (TK) Arruhama Payakumbuh, Nora Martini berhasil menjadi salah satu dari lima Kepala Sekolah Inovatif dan Inspiratif Tingkat Nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Nora di Payakumbuh, Kamis, mengatakan penghargaan yang diraihnya itu berawal dari surat oleh pemerintah pusat untuk datang pada Rabu (18/11) hingga Minggu (22/11) untuk memaparkan presentasi di Merlynn Park Hotel, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Ia mengatakan sebelum meraih penghargaan tersebut dirinya harus mengikuti proses seleksi dengan 20 nominator lain.

"Saya kaget saat disurati ikut dalam nominasi. Sekarang malah lebih terharu lagi saat ditetapkan sebagai lima besar, bangga sekali rasanya bisa mewakili Payakumbuh, ini baru pertama kali saya alami," kata dia.

Penghargaan dari Direktorat GTK dan PAUD merupakan kegiatan untuk mengapresiasi guru dan tenaga Kependidikan PAUD yang memiliki karya inovatif dan inspiratif dalam menyelenggarakan pembelajaran dan pengelolaan PAUD selama masa pandemi COVID-19.

Ia mengatakan saat presentasi tema yang diangkatnya adalah kecakapan hidup atau pendidikan 'lifeskill' pada anak usia dini dengan melibatkan anak langsung dalam aktivitas keseharian orang tua, sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna bagi anak.

"Sesuai dengan tema dari Kemendikbud, yaitu bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajar, karena penghargaannya kan inovatif dan inspiratif, makanya tidak ada juaranya, karena setiap peserta punya ide dan kreatifitas masing-masing, hanya diambil 10 terbaik dari 937 peserta," ujarnya.

Kegiatan apresiasi GTK PAUD terbuka untuk semua GTK PAUD yang dibagi dalam empat kategori yaitu Guru TK, Kepala TK, Guru KB/TPA, dan Pengelola KB/TPA.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion mengatakan sangat mengapresiasi dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh salah seorang kepala sekolah di Payakumbuh dan dapat menjadi pemicu atau penyemangat bagi guru lainnya.

"Perwakilan kami menjadi Kepala TK satu-satunya yang menjadi terbaik dari luar pulau Jawa dan juga menjadi satu-satunya dari Payakumbuh, selebihnya dari daerah Jawa dan DKI Jakarta, selamat kepada Nora telah mengharumkan nama Payakumbuh," kata dia didampingi Kabid PAUD dan PNFI Irwanto dan Kasi PAUD Syafni Hasni.***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar