Dinas Kesehatan Kota Solok adakan kegiatan Persami Saka Bakti Husada

id berita solok,berita sumbar,pramuka

Dinas Kesehatan Kota Solok adakan kegiatan Persami Saka Bakti Husada

Angkota Pramuka. (antarasumbar/Istimewa)

Hal ini merupakan standarisasi keterampilan dalam gerakan Pramuka,
Solok (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Solok, Sumatera Barat mengadakan kegiatan Persami Saka Bakti Husada (SBH) untuk membantu setiap program Promosi Kesehatan di Dinas Kesehatan Kota Solok khususnya dalam memberikan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan, Promosi Sumber Daya Kesehatan (PPSDK) Dinas Kesehatan Kota Solok dr Hiddayaturrahmi di Solok, Kamis, mengatakan Saka Bakti Husada memiliki kegiatan dalam bentuk krida bidang kesehatan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum muda, khususnya anggota Saka Bakti Husada.

Selain itu, ia mengatakan Saka Bakti Husada sebagai bagian dari gerakan Pramuka yang membina generasi muda melalui kegiatan kepramukaan selalu memperbaharui materi Krida dan Kecakapan Khusus (SKK).

"Hal ini merupakan standarisasi keterampilan dalam gerakan Pramuka, dan Pramuka yang berhasil menempuh keterampilan tertentu kemudian diberikan tanda Kecakapan Khusus (KK) sebagai pengakuan bahwa yang bersangkutan terampil sesuai kecakapan khusus yang dipelajarinya," kata dia.

Di masa pandemi COVID-19, Hiddayaturrahmi mengatakan pihaknya telah mengeluarkan pedoman peran Saka Bakti Husada dalam pencegahan COVID-19 yang berisi tentang pengenalan tentang COVID-19, tentang gejala serta penularannya, pengertian OTG, ODP dan PDP.

Selain itu, cara tentang meningkatkan imunitas tubuh, isolasi atau karantina mandiri, mencuci masker dan peran Saka Bakti Husada dalam pencegahan penularan COVID-19.

“Anggota Saka Bakti Husada (SBH) diharapkan dapat melakukan upaya mengajak dan menggerakkan kelompok sebayanya serta masyarakat, agar dapat melaksanakan 3M, yaitu memakai masker bila di luar rumah, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak," tambahnya.

Peran tersebut, menurut dia sebagai contoh untuk keluarga dan lingkungan dalam penerapan protokol kesehatan, pedoman ini diharapkan menjadi panduan bagi anggota Saka Bakti Husada dalam meningkatkan perannya untuk membantu pencegahan penularan COVID-19.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar