Dinas Kesehatan Kota Solok tingkatkan akreditasi Puskesmas

id berita solok,berita sumbar,puskesmas

Dinas Kesehatan Kota Solok tingkatkan akreditasi Puskesmas

Kegiatan Dinas Kesehatan Kota Solok. (antarasumbar/HO_Diskominfo Solok)

Pelayanan kesehatan antar daerah tidak sama,
Solok (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Solok, Sumatera Barat berupaya meningkatkan akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk peningkatan pelayanan, keselamatan pasien, perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan.

Kepala Bidang Pelayanan, Promosi Sumber Daya Kesehatan (PPSDK), Dinas Kesehatan Kota Solok, dr Hiddayaturrahmi di Solok, Kamis, mengatakan Puskesmas sebagai institusi perlu meningkatkan kinerja dalam pelayanan kesehatan perseorangan dan atau kesehatan masyarakat.

Selain itu, ia mengatakan peningkatan mutu dan kinerja dilakukan dengan pembakuan dari pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik pelayanan klinis, program, dan manajerial.

“Puskesmas dapat mempersiapkan dokumen penilaian sesuai dengan standard dan elemen versi terbaru untuk penilaian re-akreditasi pada 2021 nantinya,” kata dia.

Puskesmas adalah fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya.

“Pelayanan kesehatan antar daerah tidak sama, prioritas masalah kesehatan dapat berbeda antar daerah, oleh karena itu perlu dilakukan analisis peluang pengembangan upaya dan kegiatan Puskesmas, serta perbaikan mutu dan kinerja,” katanya.

Puskesmas harus menyampaikan informasi tentang jenis-jenis pelayanan dan kegiatan yang dilengkapi dengan jadwal pelaksanaannya. Pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas termasuk jaringannya perlu diketahui oleh masyarakat sebagai pengguna layanan.

Ia mengatakan lintas program dan sektor terkait harus meningkatkan kerja sama, saling memberi dukungan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dan upaya lainnya yang terkait dengan kesehatan guna mengupayakan pembangunan berwawasan kesehatan.

Untuk meningkatkan akreditasi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Solok telah mengadakan workshop pemahaman standard dan instrument akreditasi selama dua hari.

"Akreditasi Puskesmas merupakan bentuk pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan setelah memenuhi standar akreditasi," kata dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar