Legislator nilai Ranperda Pemberdayaan Masyarakat strategis bagi kehidupan masyarakat

id DPRD Sumbar,Padang,berita padang

Legislator nilai Ranperda Pemberdayaan Masyarakat strategis bagi kehidupan masyarakat

Suasana sidang paripurna DPRD Sumbar. (antarasumbar/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Ketua Fraksi PPP-Nasdem Sawal menilai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari sangat strategis jika telah disahkan menjadi peraturan daerah karena dapat menjadi penguatan kehidupan masyarakat adat seperti yang diinginkan dalam bentuk pemerintahan terendah di Sumatera Barat.

"Ranperda ini bisa menjadi penopang Perda Nagari yang telah ada, sesuai dengan UU Desa, dan saya yakin ini akan menjadi penguatan dalam kehidupan masyarakat adat," kata dia di Padang,Senin.

Fraksi PPP-Nasdem DPRD Sumbar sangat mendorong Ranperda tersebut segera disahkan dan dilaksanakan idi tengah masyarakat sehingga program pemberdayaan masyarakat memiliki landasan yang kuat berbasiskan ABS - SBK.

Pemberdayaan masyarakat dan nagari melalui pendekatan kearifan lokal dirasakan akan efektif dalam rangka memacu pembangunan daerah. Dalam konteks tersebut masyarakat akan terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan.

Kehidupan masyarakat Sumatera Barat sangat kokoh memegang nilai -nilai adat dan agama dan segala sesuatu dijalankan dengan azas musyawarah untuk mufakat.

Dirinya berharap Perda Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari dapat mendorong perekonomian masyarakat lebih maju lagi. Sekaligua dapat memaksimalkan potensi - potensi yang ada di nagari untuk dimanfaatkan sebagai modal pembangunan nagari masing - masing

"Dengan demikian, maka berbagai program pemberdayaan masyarakat nantinya akan berjalan maksimal jika ada keterlibatan masyarakat secara langsung," kata dia.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar