Inovator PT Semen Padang raih 4 Platinum dan 2 Gold pada ajang TKMPN 2020

id berita padang,berita sumbar,pt sp

Inovator PT Semen Padang raih 4 Platinum dan 2 Gold pada ajang TKMPN 2020

Pengumuman penghargaan pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXIV 2020 secara daring. (antarasumbar/Istimewa)

Dari inovasi keempat tim yang mendapatkan penghargaan Platinum tersebut, analisis benefit yang dihasilkan untuk perusahaan mencapai lebih dari Rp7,5 miliar. Benefit paling besar, berasal dari Water Cooper, yaitu lebih dari Rp6,9 miliar,
Padang (ANTARA) - Inovator PT Semen Padang kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan meraih penghargaan pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXIV 2020.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati di Padang, Jumat, mengatakan dari enam tim inovasi dikirim PT Semen Padang yang mengikuti ajang TKMPN 2020, empat diantaranya meraih penghargaan Platinum. Sedangkan dua tim lagi, meraih penghargaan Gold.

Ia merinci penghargaan Platinum, diraih oleh Water Cooper dari Unit Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) dengan judul 'Mengurangi Downtime PLTA Kuranji dengan Membuat Jalur Altetnatif Transmisi 20Kv di Gardu Induk PT Semen Padang tahun 2020'.

Untuk Tim Fast Track yang juga dari WHRPG dengan judul inovasi 'Penggunaan Automatic Transfer Switch (ATS) di Gardu Induk PT Semen Padang untuk Mempercepat Normalisasi Power Gardu Induk Saat Terjadi Blackout Listrik Lebih dari 30 Menit Menjadi Kurang dari 1 Menit'.

Kemudian tim Purifier dari Unit PGOH dengan judul inovasi 'Pengurangan Biaya Purifikasi Minyak Trafo di PT Semen Padang Sebesar 65 persen. Selama Periode Tahun 2018-2019 dengan Pembuatan Alat Purifikasi Minyak Trafo Secara Mandiri'.

Selanjutnya tim Autoped dari PLI 2 dengan judul inovasi 'Menghilangkan Bus Fault Pada MCC untuk Mengurangi Frekuensi Stop Peralatan Utama Pabrik Indarung VI'.

"Dari inovasi keempat tim yang mendapatkan penghargaan Platinum tersebut, analisis benefit yang dihasilkan untuk perusahaan mencapai lebih dari Rp7,5 miliar. Benefit paling besar, berasal dari Water Cooper, yaitu lebih dari Rp6,9 miliar," kata Anita.

Untuk penghargaan Gold, diraih oleh tim E-kinerja dari Akuntansi dengan judul 'Pembuatan Sistem Informasi Kinerja Keuangan untuk Mempersingkat Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Sampai Pengambilan Keputusan Manajemen dengan Implementasi 'e-kinerja' di Anak Perusahaan Lembaga Penunjang dan Afiliasi PT Semen Padang'.

Kemudian, tim Extril dari Packing Plant Indarung (PPI), dengan inovasi 'Meningkatkan Tonase Pengeluaran Semen Tipe PCC dari Silo Indarung V Sebesar 25 Persen dengan Membuat Jalur Cross Belt P3D13-P3D03 di Area PengantonganIndarung'.

"Dari analisis inovasinya, kedua tim yang mendapatkan penghargaan Gold memberikan benefit kepada perusahaan mencapai Rp5,2 miliar lebih. Rinciannya, dari tim Extril sebesar Rp5,1 miliar lebih dan tim E-Kinerja sebesar Rp150 juta," katanya.

Anita menjelaskan ajang TKMPN tahun 2020 yang digelar di masa pandemi ini berlangsung secara virtual, sehingga rangkaian penilaian dari dewan juri berupa presentasi dari para tim inovasi hingga pengumuman pemenangnya, juga disampaikan secara virtual melalui platform digital aplikasi zoom.

Ajang TKMPN merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Wahana Kendali Mutu yang bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktifitas Indonesia (AMMPI).

Pada ajang ini, perusahaan selalu rutin setiap tahun mengirimkan inovatornya untuk mengikuti ajang tersebut.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar