Sejumlah pelajar dan guru di Pasaman Barat positif terpapar COVID-19

id berita pasaman barat,berita sumbar,covid

Sejumlah pelajar dan guru di Pasaman Barat positif terpapar COVID-19

Pjs Bupati Pasaman Barat, Hansastri saat menyampaikan penambahan kasus positif COVID-19 di Simpang Empat, Jumat. (antarasumbar/Istimewa)

Warga yang terpapar COVID-19 itu diduga kontak dengan pasien positif sebelumnya dan pasien suspek COVID-19,
Simpang Empat (ANTARA) - Sejumlah pelajar dan guru di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) positif terpapar COVID-19, Jumat.

"Benar, bagi sekolah yang terpapar COVID-19 sudah diubah metode belajarnya menjadi belajar dari rumah," kata Pjs Bupati Pasaman Barat, Hansastri di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan sejak dilakukan tes usap atau swab test dua hari yang lalu, sekolah itu sudah belajar dari rumah sampai waktu yang belum ditentukan sesuai kebijakan nantinya.

Sedangkan sekolah yang tidak terpapar tetap menjalani belajar tatap muka 50 persen sampai satu minggu kedepan sampai selesai ujian semester.

Ia menyebutkan hari ini Jumat (20/11) ada penambahan 17 orang warga Pasaman Barat yang positif COVID-19. Diantaranya delapan orang pelajar dan guru di SD 04 Sungai Beremas dan dua orang pelajar SMP dan SMA.

Pelajar yang positif itu adalah perempuan inisial DPD (17) dan FYF (15) warga Jorong Bunga Tanjung Kecamatan Sungai Beremas dan laki-laki HNS (10) warga Jorong Pasar Pokan Kecamatan Sungai Beremas.

Kemudian perempuan inisial RH (11) warga Jorong Sungai Beremas, laki-laki inisial WV (15) warga Jorong Sidomulyo Kecamatan Ranah Batahan dan laki-laki inisial AAR (10) warga Jorong Pasar Pokan Kecamatan Sungai Beremas.

Sedang empat guru yang positif adalah laki-laki inisial F (53) kepala sekolah SD 04 Sungai Beremas warga Jorong Pasar Pokan Kecamatan Sungai Beremas, perempuan inisial SRP (35) guru honorer warga Jorong Pasar Muara Kecamatam Sungai Beremas, laki-laki inisial Z (46) dan perempuan inisial D (57) guru honorer warga Jorong Pasar Pokan Kecamatan Sungai Beremas.

Sedangkan warga lainnya yang terpapar COVID-19 adalah perempuan inisial RR (63) warga Jorong Pasar Baru Barat Kecamatan Sungai Beremas dan laki-laki inisial RM (20) warga Jorong Bunga Tanjung Kecamatan Sungai Beremas.

Selanjutnya perempuan inisial IFM (34 ) warga Jorong Kartini Kecamatan Gunung Tuleh, perempuan inisial N (52) warga Jorong Sarik Kecamatan Luhak Nan Duo dan perempuan inisial M (37) warga Jorong Padang Laweh Kecamatan Luhak Nan Duo.

Kemudian perempuan inisial YI (54) warga Jorong Kapar Selatan Kecamatan Luhak Nan Duo (62) dan laki-laki inisial DW (48) warga Jorong Pasar Dua Suak Kecamatan Sungai Beremas.

"Warga yang terpapar COVID-19 itu diduga kontak dengan pasien positif sebelumnya dan pasien suspek COVID-19," katanya.

Ia menyebutkan untuk 16 pasien konfirmasi positif saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina serta direncanakan untuk diisolasi di Diklat BKPSDM Talu.

Sedangkan untuk pasien inisial DW saat ini sedang dalam perawatan di RS Ibnu Sina Padang karena merupakan pasien suspek.

Hingga saat ini total pasien COVID-19 di Pasaman Barat mencapai 247 orang, 175 orang sembuh, 15 meninggal dunia dan 57 masih posotif.

Pihaknya saat ini melakukan langkah cepat proses pelacakan atau tracking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

"Mari selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan COVID-19 seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ajaknya. ***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar