Dinas Perpustakaan sebut minat baca masyarakat Kota Solok capai 80 persen

id Berita Solok, berita Sumbar, dinas perpustakaan solok

Dinas Perpustakaan sebut minat baca masyarakat Kota Solok capai 80 persen

Perpustakaan umum Kota Solok (Antara/Laila)

Solok (ANTARA) - Dinas Perpustakaan Kota Solok menyebutkan berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap keluarga peserta Buku Bergilir (Bulir) minat dan kegemaran membaca masyarakat di Kota Solok mulai membaik mencapai 80 persen.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Wadirman, di Solok, Sabtu mengatakan untuk meningkatkan minat baca terhadap masyarakat saat ini ada empat kegiatan yang dilakukan, yakni buku bergulir (Bulir), menulis kreatif, lomba bercerita, dan pelayanan pustaka keliling.

"Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatakan minat dan kegemaran membaca masyarakat Kota Solok," kata dia.

Ia mengatakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota solok akan terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat dan kegamaran membaca masyarakat.

Di samping itu, Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Weni Oktiarni mengatakan minat membaca perlu ditanamkan sejak usia dini.

"Yakni mulai dari SD sampai tingkat SMA," ujar dia.

Ia mengatakan ke depannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang melaksanakan tupoksi urusan perpustakaan akan berkoordinasi dengan seluruh OPD, Kecamatan, dan Kelurahan untuk menyediakan ruangan khusus membaca.

Menurut dia kegiatan Bulir tersebut merupakan bentuk penyediaan bahan bacaan kepada masyarakat Kota Solok, dengan tujuan meningkatkan minat baca masyarakat kota Solok.

Sebelumnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok juga menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, di ruangan kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

Rombongan tersebut terdiri atas 10 orang, yaitu Husni Fahri, Sumiyati, Imam Safi’i, Fahri, Hananto, Andri, Anggota DPRD Kabupaten Tebo didampingi oleh Suroyo, Joni iskandar, Ovianti, dan Tedi Prabawo .

Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Tebo Sumiayati mengatakan kunjungan ke Kota Solok ini dilaksankan dalam rangka menimba ilmu dan menambah wawasan tentang minat baca masyarakat dan Upaya atau pun Kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar