Dinsos Solok serahkan bantuan alat musik ke komunitas pengamen

id berita solok,berita sumbar,seni

Dinsos Solok serahkan bantuan alat musik ke komunitas pengamen

Kepala Dinas Sosial Kota Solok Zulfadli Ilyas (tengah) saat memberikan bantuan sosial COVID-19. (antarasumbar/Istimewa)

Komunitas pengamen ini terdiri atas pengamen murni dan mantan narapidana yang memiliki ketertarikan terhadap seni,
Solok (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Solok menyerahkan bantuan alat musik ke komunitas pengamen dalam rangka pembinaan dan pengawasan tuna sosial di Kota Solok, Sumatera Barat.

Kepala Dinas Sosial Kota Solok, Zulfadli Ilyas di Solok, Jumat, mengatakan terobosan ini merupakan bentuk pembinaan kepada komunitas pengamen yang ada di Kota Solok. Dinas Sosial memberikan bantuan enam set alat musik kepada komunitas pengamen.

"Komunitas pengamen ini terdiri atas pengamen murni dan mantan narapidana yang memiliki ketertarikan terhadap seni, total anggota komunitas ini berjumlah 35 orang," kata dia.

Selain itu, sebelumnya para pengamen dan mantan narapidana tersebut telah mengikuti pembinaan untuk persiapan acara komunitas pengamen di Aula Dinas Sosial.

Ia berharap kegiatan tersebut sebagai wadah bagi komunitas pengamen jalanan di Kota Solok dan mantan narapidana yang punya jiwa seni agar terbina dengan baik.

"Kami juga menyediakan alat musik untuk komunitas ini berupa pentas musik di pelataran taman Syeh Kukut setiap Sabtu dan Minggu," ujar dia.

Ia berharap pembinaan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pengamen dan mantan narapidana.

“Kita harapkan dengan adanya pembinaan ini, mantan narapidana tidak kembali membuat kesalahan yang membuatnya kembali menghuni jeruji besi karena tidak adanya lapangan pekerjaan dan modal untuk memenuhi kebutuhan," kata dia.

Menurut dia pemerintah daerah berperan penting dalam membantu para mantan narapidana dengan memberikan peluang dan bantuan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Disamping itu, Kasi Rehabiltasi Tuna Sosial, Dinas Sosial Kota Solok, Rahmad Budi yang merupakan pencetus terobosan dalam pembinaan penyakit sosial tersebut berharap pengamen yang telah dibina dapat memberikan alternatif hiburan kepada masyarakat.

“Kami ingin pengamen di Kota Solok ini betul-betul bisa memberikan hiburan yang bagus ke masyarakat,” ujar dia.

Ia mengatakan ke depannya Dinas Sosial akan terus berupaya memberikan pembinaan terhadap komunitas pengamen agar semakin lebih baik. "Kami ingin kesenian di daerah ini lebih maju lagi dan berkualitas, seperti Kota Tua di Jakarta,” ucap dia.

Salah seorang perwakilan komunitas pengamen Novebrian berterima kasih kepada pemerintah Kota Solok yang telah memberikan bantuan alat musik dan telah memberikan peluang untuk menyalurkan bakat seni mereka. ***3***