Kembangkan wisata kuliner, Wako Payakumbuh ingin industri kuliner miliki izin edar

id Riza Falepi,berita payakumbuh,payakumbuh terkini,kuliner payakumbuh,wisata kuliner payakumbuh,berita sumbar,sumbar terkini

Kembangkan wisata kuliner, Wako Payakumbuh ingin industri kuliner miliki izin edar

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Antara/HO)

Payakumbuh, (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi menginginkan agar seluruh industri kuliner yang ada di daerah tersebut nantinya memiliki izin edar yang nantinya akan berdampak kepada kepercayaan dan keamanan konsumen.

"Potensi Payakumbuh untuk mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak ada di bidang pertambangan, pertanian dan bidang lainnya, tapi Payakumbuh dapat menjual keramahannya dengan kreatif market pertumbuhan ekonomi," kata Riza saat menerima kunjungan Loka POM Kabupaten Dharmasraya di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan potensi kuliner Kota Payakumbuh yang cukup ramai sehingga industri makanan olahan yang ada di daerah itu bisa dikembangkan.

Terlebih, Kota Payakumbuh secara geografis diapit atau berdekatan dengan daerah yang memiliki potensi dan kunjungan wisata yang besar.

"Bidang pariwisata yang diandalkan adalah industri kuliner seperti makanan ringan dan sejenisnya. Kami melihat ini sebagai peluang, namun kita tentu bertanggung jawab terhadap pengawasan makanan di Payakumbuh. Sehat dan tidak mengandung zat berbahaya bagi makanan seperti borax dan sejenisnya," ujar dia.

Ia mengatakan pihaknya sudah sejak lama berinteraksi dengan Balai Besar POM karena saat itu terkait urusan izin edar pihaknya harus bolak balik ke Kota Padang. Oleh sebab itu adanya Loka POM di Payakumbuh sangat didukung oleh pihaknya.

Riza juga berkeinginan agar pengusaha makanan di Payakumbuh dapat naik kelas. Bisnis makanan tak hanya memperhatikan aspek packagingnya bagus, namun juga aspek produk yang dihasilkan sesuai standar pasar untuk dapat diekspor.

"Pertamakali yang diperiksa terkait izin di dunia internasional pasti yang dilihat dapurnya atau tempat mengolah makanannya. Kehadiran Loka POM akan sangat membantu IKM di Payakumbuh," ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Setdako Elzadaswarman mengatakan Payakumbuh sebagai pintu gerbang distribusi makanan pastinya akan menghadapi permasalahan makanan, termasuk yang berasal dari Provinsi Riau.

Pemko sudah sediakan tanah di kawasan pasar Padang Kaduduak untuk membangun kantor Loka POM di Payakumbuh. Dekat dengan kantor Camat Payakumbuh Utara, Sentra IKM Randang, dan Lapangan Olahraga Terbuka, bahkan akan ada kampus UNP Fakultas Pariwisata dan Perhotelan di sana.

"Saat ini Loka POM Payakumbuh masih menumpang di gedung eks Unand Payakumbuh. Berbicara obat dan makanan, tidak ada orang yang tidak butuh keduanya," ujarnya. (*)