Kurs dolar AS turun di tengah ketidakpastian pemilihan AS

id indeks dolar,pemilihan AS,stimulus AS

Kurs dolar AS turun di tengah ketidakpastian pemilihan AS

Ilustrasi uang dolar Amerika Serikat. ANTARA/REUTERS/pri.

New York (ANTARA) - Nilai tukar dolar AS tergelincir pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), karena investor mengambil untung setelah kenaikan sesi sebelumnya yang juga melihat aksi jual di ekuitas.

Sementara kekhawatiran terus berlanjut tentang gelombang virus corona kedua dan ketidakpastian menjelang pemilihan AS.

Greenback jatuh terhadap mata uang yang sebagian besar diuntungkan dari selera risiko yang lebih tinggi seperti euro, sterling, dan mata uang terkait komoditas.

Pada Senin (26/10/2020) terjadi aksi jual pasar saham paling tajam dalam satu bulan dan reli obligasi, tetapi aktivitas pasar valuta asing relatif tenang, dengan pergerakan harga terbatas pada Selasa (27/10/2020).

"Pergerakan dan ayunan akan terus berlanjut serta kegelisahan dan kecemasan secara keseluruhan di pasar tentang pemilihan (AS)," kata Juan Perez, pedagang mata uang di Tempus Inc. di Washington. "Anda akan melihat dolar naik turun dan berada dalam mode roller-coaster dalam enam atau tujuh hari ke depan."

Jajak pendapat memberikan keunggulan yang kuat bagi kandidat Partai Demokrat Joe Biden atas Presiden AS Donald Trump dalam pemilihan presiden yang akan datang, tetapi kontes tersebut jauh lebih ketat di negara-negara bagian yang dapat menentukan hasilnya.

Meski begitu, para analis memperingatkan investor jelas berhati-hati setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Prancis mencapai rekor harian baru untuk infeksi COVID-19. Mereka mengatakan harga tidak banyak bergerak karena keengganan untuk membangun posisi sebelum pemilihan pada 3 November.

Pada saat yang sama, Trump mengakui pada Selasa (27/10/2020) bahwa kesepakatan bantuan ekonomi virus corona kemungkinan akan datang setelah pemilihan, dengan Gedung Putih tidak dapat menjembatani perbedaan dengan sesama Partai Republik di Senat AS serta Demokrat di Kongres.

“Ketidakpastian dalam prospek ekonomi tidak berubah sedikit pun,” kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA di New York,

Setelah awalnya jatuh, euro sedikit menguat pada 1,1810 dolar dalam perdagangan sore.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sejumlah mata uang utama, melemah 0,1 persen menjadi 92,93. Greenback turun 0,4 persen terhadap yen menjadi 104,47 yen, dan sedikit turun terhadap franc Swiss pada 0,9075 franc.

Dolar Australia, Kanada, dan Selandia Baru yang biasanya sensitif terhadap risiko naik terhadap greenback.

Yuan awalnya melemah terhadap dolar setelah Reuters melaporkan bahwa bank sentral China telah menetralkan faktor counter-cyclical dalam penetapan kurs tengah yuan harian dalam sebuah langkah untuk membiarkan penetapan lebih dekat mencerminkan pergeseran pasar yang sebenarnya.

Langkah ini biasanya positif untuk dolar, kata Stephen Innes, kepala strategi pasar di pialang online Axi.

“Langkah seperti itu berarti dolar/yuan secara umum akan menetap lebih tinggi. Penghapusan elemen akan menyiratkan fleksibilitas valas yang lebih besar. "

Dolar terakhir datar pada 6,701 yuan. Sementara itu, Bank Sentral Eropa akan mengadakan rapat pada Kamis (29/10/2020) untuk pertemuan kebijakan moneter, tetapi analis mengatakan reaksi pasar akan terbatas.