Dengan seni ini disosialisasikan pencegahan COVID-19 di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,randai

Dengan seni ini disosialisasikan pencegahan COVID-19 di Pesisir Selatan

Pertunjukan randai oleh Sanggar Seni Anak Tarusan. (antarasumbar/Didi Someldi Putra)

Randai merupakan kesenian Minangkabau yang menggabungkan unsur musik, tari, silat dan drama,
Painan (ANTARA) - Sanggar Seni Anak Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyosialisasikan pencegahan COVID-19 melalui peragaan Kesenian Randai pada Pencanangan Kampung Siaga Bencana di Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, daerah setempat, Selasa.

Randai merupakan kesenian Minangkabau yang menggabungkan unsur musik, tari, silat dan drama.

Dalam kesempatan tersebut Sanggar Seni Anak Tarusan mempertontonkan seorang anak laki-laki sombong, yang meyakini dirinya akan senantiasa sehat sehingga ia mengabaikan berbagai protokoler kesehatan COVID-19.

Bahkan kesombongannya itu membuat resah teman sebayanya, dan akhirnya terjadilah perkelahian.

Namun pada saat suasana semakin memanas datanglah seorang tokoh yang melerai perkelahian keduanya, dan ia pun memberikan nasehat bijak.

Kepada anak laki-laki yang sombong diberikan pemahaman yang lebih, hingga ia akhirnya sadar akan bahaya melanggar protokoler kesehatan COVID-19.

Dalam kesempatan itu juga disinggung tujuan dan manfaat dari protokoler kesehatan COVID-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Pencanangan Kampung Siaga Bencana di Nagari Kambang Barat dihadiri Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Safii Nasution, anggota komisi VII, DPR RI, Lisda Hendrajoni, anggota DPD RI, Alirman Sori dan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pesisir Selatan, Zulfian Apriyanto serta sejumlah pejabat lainnya.

Selanjutnya juga hadir beberapa camat di daerah setempat, wali nagari se-Lengayang dan sejumlah tokoh masyarakat di Lengayang.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar