Tanah Datar raih empat prestasi prestisius nasional

id tanahdatar,TPID Award,Proklim Utama,WTP, penghargaan,WBTB

Tanah Datar raih empat prestasi prestisius nasional

Tanah Datar terima empat penghargaan nasional (Antara/Hmskab tanahdatar)

Tanah Datar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meraih berbagai prestasi dan penghargaan nasional dari berbagai bidang pembangunan, setidaknya ada empat prestasi yang dipersembahkan untuk masyarakat.

Diantaranya Plakat WTP Lima Tahun Berturut-turut dari Menteri Keuangan dan TPID Award dari Menko Bidang Perekonomian, diterima Kamis, (22/10) dan Penghargaan Sertifikat Proklim dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup sehari setelahnya.

Selain itu atraksi Pacu Jawi sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Kabupaten Tanah Datar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 9 Oktober.

Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanah Datar, yang tidak henti- hentinya menuai prestasi.

Ia juga mengucapkan rasa syukur dan bahagianya sehingga marwah Tanah Datar semakin terangkat di kancah nasional sebagai daerah yang patut diperhitungkan.

"Alhamdulillah prestasi ini dipersembahkan untuk masyarakat Tanah Datar sebagai wujud pencapaian visi misi mewujudkan Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah," katanya.

Ia mengatakan semua prestasi tersebut merupakan buah kerja keras seluruh pihak dalam satu tahun terakhir yang layak kiranya dipersembahkan buat kepemimpinan Almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma.

Khusus penghargaan pacu jawi, Erman menyampaikan terima kasih kepada tim khususnya Dr. (Cand) Irwan Malin Basa, M.Pd sebagai maestro yang memperjuangkan atraksi pacu jawi sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WTB) milik Kabupaten Tanah Datar.

Untuk Plakat WTP yang diterima dari Menteri Keuangan sebagai daerah penerima opini WTP dari BPK RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Daerah lima tahun berturut-turut semakin menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah secara transparan dan akuntabel.

Untuk upaya pengendalian inflasi di Tanah Datar juga mendapat apresiasi, untuk pertama kalinya Luhak Nan Tuo mendapat TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Award dari Menko Bidang Perekonomian.

Kabupaten Tanah Datar terpilih sebagai nominasi I Kabupaten Berprestasi Kategori Pengukuran Kinerja TPID bagi Kabupaten Non IHK (Indeks Harga Konsumen) Wilayah Sumatera Tanah Datar mendapat TPID Award atas kinerja TPID dalam mengendalikan inflasi tahun 2019, di mana TPID sudah menyusun roadmap pengendalian inflasi meliputi Strategi 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif) dan program unggulan yang dilaksanakan oleh TPID telah berhasil mengendalikan inflasi.

Program kerja unggulan TPID adalah GERTAK BABE DI SALIBU (GERakan TAnam Komoditi BAwang merah, caBE merah dan paDi SALIBU). Program ini dinilai berdampak strategis dalam menjaga ketersediaan pasokan bawang merah, cabe merah dan beras, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tanah Datar juga kabupaten/kota lainnya, sehingga program unggulan ini berkontribusi signifikan dalam pengendalian inflasi daerah. Atas prestasi ini akan diberikan Dana Insentif Daerah (DID).
Tanah Datar terima empat penghargaan nasional (Antara/Hmskab tanahdatar)


Selanjutnya diterimanya Penghargaan Sertifikat Proklim Utama tahun 2020 untuk Jorong Pagu-Pagu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto dan Jorong Baringin Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan.

Selain itu, Bupati Tanah Datar mendapatkan Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim tahun 2020, apresiasi tersebut diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menetapkan kebijakan serta secara aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (PROKLIM) di wilayah setempat yang menjadi kontribusi pemerintah daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Terakhir, atraksi pacu jawi peraih Juara II Atraksi Budaya Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI pada tahun 2018 dan sudah dikenal di dunia internasional, diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Kabupaten Tanah Datar. Ditetapkan melalui sidang pleno Tim Ahli Cagar Budaya Nasional.(Adv)