Polres Payakumbuh akan lakukan pengawasan dan pengamanan di tempat keramaian selama libur panjang

id berita payakumbuh,berita sumbar,polisi

Polres Payakumbuh akan lakukan pengawasan dan pengamanan di tempat keramaian selama libur panjang

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Selama libur panjang, diharapkan seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Apabila ingin keluar dari rumah, tetaplah pertimbangkan sisi protokol kesehatan,
Payakumbuh (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh, Sumatera Barat memastikan akan tetap melakukan pengawasan dan pengamanan di tempat keramaian seperti objek wisata selama libur panjang dari 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira di Payakumbuh, Senin, mengatakan pengawasan dan pengamanan yang dilakukan di titik keramaian seperti objek wisata bekerja sama dengan Satpol-PP dan pengamanan swakarsa.

Ia mengatakan pengamanan dan pengawasan yang dilakukan akan tetap menitikberatkan kepada pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat.

"Selama libur panjang, diharapkan seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Apabila ingin keluar dari rumah, tetaplah pertimbangkan sisi protokol kesehatan," kata dia.

Terlebih, kata dia dalam beberapa hari terakhir kasus positif COVID-19 di Kota Payakumbuh terus meningkat, sehingga memang diperlukan kesadaran bersama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Tapi yang pasti kami akan tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mengurangi aktifitas di luar rumah apabila memang tidak ada hal yang mendesak," ujarnya.

Ia mengatakan personel Polres Payakumbuh juga akan tetap melakukan kegiatan lainnya, seperti pengamanan kerawanan kriminalitas dan permasalahan kemacetan yang bisa saja timbul selama libur panjang.

"Kami pastikan Polres Payakumbuh akan tetap berada di masyarakat meski di situasi libur panjang. Inilah konsekuensi menjadi aparat keamanan," kata dia.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Satake Bayu mengimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran COVID-19, terutama masyarakat yang mau berlibur di tempat wisata di wilayah Sumbar.

Menurut dia, hal ini bertujuan mengantisipasi terjadinya penambahan kasus positif COVID-19 dan juga menjadi klaster baru di tengah pandemi.

"Saat berkunjung ke tempat objek wisata, selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Jangan sampai berkerumun di tempat keramaian," katanya.