Pariaman mendapatkan DAK Rp417 juta untuk pelatihan pelaku UMKM selama 2020

id berita pariaman,berita sumbar,ukm

Pariaman mendapatkan DAK Rp417 juta untuk pelatihan pelaku UMKM selama 2020

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Sumbar, Gusniyetti Zaunit (kiri) memberikan tas pelatihan kepada peserta Pelatihan Peningkatan Kualitas Pedagang Kuliner di Kawasan Wisata Pantai Talao Pauh Pariaman dengan menggunakan dana alokasi khusus, di Pariaman, Senin. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

DAK itu untuk enam kali pelatihan terhadap pelaku UMKM di Pariaman sepanjang 2020,
Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp417 juta dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk pelatihan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu selama 2020 guna meningkatkan kemampuan mereka dalam dunia usaha.

"DAK itu untuk enam kali pelatihan terhadap pelaku UMKM di Pariaman sepanjang 2020," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan pelatihan yang dilakukan pihaknya bervariasi atau sesuai dengan kondisi di daerah itu yaitu diantaranya pelatihan untuk pengrajin, pelaku usaha yang bergerak di bidang kuliner, serta menumbuhkan koperasi di Pariaman.

Ia menyebutkan ada 30 peserta dalam setiap pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan selama tiga sampai empat hari.

Ia menyampaikan DAK untuk pelatihan pelaku UMKM di Pariaman setiap tahunnya meningkat yang menurutnya hal itu dapat menguntungkan pihaknya dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil di daerah itu.

Ia menyebutkan tahun lalu DAK dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk Kota Pariaman mencapai Rp350 juta, tahun ini Rp417 sedangkan 2021 yaitu Rp499 juta.

"Kami terus mengejar DAK tersebut untuk peningkatan pelaku UMKM di Pariaman," ujarnya.

Salah satu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pihaknya dari DAK tersebut yaitu Pelatihan Peningkatan Kualitas Pedagang Kuliner di Kawasan Wisata Pantai Talao Pauh Pariaman.

Pelatihan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam menyajikan makanan dan melayani wisatawan di Talao Pauh yang merupakan objek wisata baru di Kota Pariaman.

Sejalan dengan itu Pelaksana Tugas Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan pelatihan terhadap pelaku UMKM merupakan langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu.

"Kami yakin dengan pelatihan yang dilakukan dapat meningkatkan SDM yang nantinya juga berdampak pada produk yang dihasilkan sehingga pendapatan warga pun meningkat," ujarnya.

Ia pun meminta pelaku UMKM di daerah itu juga menciptakan pelayanan yang baik serta promosi produk yang tidak saja melalui luar jaringan atau 'offline' namun juga dalam jaringan atau 'online'.