Warga terpapar COVID-19 marata di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,covid

Warga terpapar COVID-19 marata di Pesisir Selatan

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Rinaldi

Kemarin Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan masih aman dari COVID-19, namun dalam pekan ini sudah ada warga di kecamatan itu yang terpapar,
Painan (ANTARA) - Warga yang terpapar COVID-19 telah merata di seluruh kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, kata pejabat daerah setempat.

"Kemarin Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan masih aman dari COVID-19, namun dalam pekan ini sudah ada warga di kecamatan itu yang terpapar," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Rinaldi di Painan, Senin.

Hal tersebut, kata dia perlu diwaspadai oleh seluruh warga dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan.

Secara keseluruhan, lanjutnya warga terpapar COVID-19 di daerah setempat mencapai 430 orang, dengan rincian 16 meninggal dunia, 197 menjalani perawatan dan isolasi serta sisanya dinyatakan sembuh.

"Hari ini ada penambahan sebanyak 29 orang, dan tim sedang melacak orang-orang yang kontak erat dengan mereka untuk dilakukan tes usap secepatnya," ungkapnya.

Diantara warga yang positif ada yang berprofesi sebagai dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, pegawai di kantor kecamatan dan lainnya.

Terkait upaya meminimalkan paparan COVID-19 tim dari kabupaten setempat intens menggelar operasi Yustisi Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 06 tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Operasi telah digelar di beberapa titik keramaian yakni di Kecamatan IV Jurai, Koto XI Tarusan dan Bayang Utara. Hasilnya puluhan warga terjaring dalam setiap kegiatan.

"Kegiatan ini akan terus digelar, hanya saja waktu dan tempat ditentukan secara mendadak sehingga informasi kegiatan tidak bocor ke masyarakat," ungkapnya.