Puting beliung mengamuk, delapan rumah warga Agam rusak

id puting beliung,bpbd agam,bencana alam

Puting beliung mengamuk, delapan rumah warga Agam rusak

Ilustrasi -Angin puting beliung. (ANTARA)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat delapan rumah rusak di Ujuang Padang, Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubukbasung, akibat angin puting beliung disertai hujan melanda daerah itu pada Kamis (22/10) sekitar pukul 23.00 WIB.

"Ke delapan rumah itu mengalami rusak ringan, sedang dan berat pada bagian atap dan teras," kata Kepala Pelaksana BPBD Agam Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Jumat.

Delapan unit rumah itu milik Indra (35) kondisi teras rumah rusak berat dengan kerugian Rp10 juta, Dasmi (43) kondisi atap rumah dan teras diterbang angin.

Sementara rumah Abdul Ramhan (84) dengan kondisi teras rumah rusak ringan, Ridwan (36) dengan kondisi rusak ringan, Rizon (22) dengan kondisi rumah rusak ringan.

Selain itu, Mujuriah (75) dengan kondisi rusak rigan, Zulmaini (52) dengan kondisi rusak sedang dan Nelwati (50) dengan kondisi rusak sedang.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu dan untuk kerugian material sedang di hitung," katanya.

Selain merusak rumah warga, tambahnya pohon tumbang juga melanda daerah itu yang mengakibatkan kendaraan tidak bisa melalui jalan itu.

Untuk membersihkan material pohon, BPBD Agam mengerahkan anggota Satgas BPBD Agam, Satpol PP Damkar, Polres Agam, Kodim 0304 Agam dan lainnya.

Pembersihan pohon itu selesai dilakukan pada Jumat (23/10) pada pukul 00.35 WIB, sehingga jalan sudah bisa dilewati kendaraan. (*)