Kemenparekraf sebut Pariaman berpotensi terapkan konsep pariwisata masa pandemi COVID-19

id berita pariaman,berita sumbar,wisata

Kemenparekraf sebut Pariaman berpotensi terapkan konsep pariwisata masa pandemi COVID-19

Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari sedang mengunjungi pembangunan panggung kesenian di Pantai Kata, Kota Pariaman, Sumbar. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

Tren pariwisata sekarang mencari tempat wisata yang 'outdoor' (di luar) yaitu pantai, pulau, dan gunung. Pariaman memiliki pantai, pulau, dan gunung. Angkat itu tapi protokol dijaga,
Pariaman (ANTARA) - Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hari Santosa Sungkari menyebut objek wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat berpotensi untuk diterapkan konsep pariwisata masa pandemi COVID-19.

"Tren pariwisata sekarang mencari tempat wisata yang 'outdoor' (di luar) yaitu pantai, pulau, dan gunung. Pariaman memiliki pantai, pulau, dan gunung. Angkat itu tapi protokol dijaga," kata dia saat mengunjungi Kota Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan jika sebelum pandemi COVID-19 sasaran utama pariwisata fokus pada jumlah kunjungan wisatawan maka sekarang yang perlu ditingkatkan yaitu kualitas.

Apalagi, kata dia di Pariaman juga terdapat komunitas selam yang juga menawarkan menyelam untuk wisatawan sehingga hal tersebut dapat menambah potensi wisata di daerah itu.

"Ini yang perlu diangkat, sampaikan kepada masyarakat luas," katanya.

Namun, lanjutnya dalam masa pandemi COVID-19 warga setempat harus menjaga protokol kesehatan agar wisatawan merasa aman dan nyaman berkunjung.

Pada kesempatan tersebut ia meminta kepada warga Pariaman untuk memberikan pelayanan yang baik serta menyuguhkan atraksi kesenian yang berbasiskan kearifan lokal kepada wisatawan.

"Berikan kenangan menarik kepada wisatawan agar mereka mau datang kembali ke Pariaman," ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan pihaknya fokus mengembangkan wisata bahari dengan mengelola pulau dan pulau untuk dijadikan objek wisata.

"Pulau yang dikelola dengan baik dan menjadi kunjungan utama wisatawan yaitu Pulau Angso Duo namun pulau lainnya juga memiliki daya tarik untuk dikunjungi," kata dia.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga menjadikan sepanjang pantai Pariaman menjadi objek wisata. Ia menyebutkan adapun wisata pantai di Pariaman yaitu Sunur, Kata, Cermin, Lohong, Gandoriah, Pauh menjadi Taloa Pauh, dan Padang Biriak-biriak.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar