Baznas Pariaman salurkan dana zakat sekitar Rp5 miliar hingga akhir 2020

id berita pariaman,berita sumbar,baznas

Baznas Pariaman salurkan dana zakat sekitar Rp5 miliar hingga akhir 2020

Plt Walikota Pariaman, Sumbar Mardison Mahyuddin (kiri) memimpin pengambilan sumpah pengganti antar waktu pimpinan Baznas Pariaman, Rabu. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

Kas di Baznas Kota Pariaman itu hingga sekarang mencapai Rp5 miliar,
Pariaman (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, Sumatera Barat menargetkan menyalurkan dana zakat dari aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu serta pihak swasta sekitar Rp5 miliar hingga akhir tahun 2020.

"Kas di Baznas Kota Pariaman itu hingga sekarang mencapai Rp5 miliar," kata Pelaksana Tugas Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin usai pelantikan pengganti antar waktu pimpinan Baznas Pariaman di Pariaman, Rabu.

Ia menyampaikan dana zakat tersebut akan digunakan untuk pengentasan kemiskinan, biaya pendidikan, serta sarana dan kegiatan Baznas Kota Pariaman.

"Saat ini kami fokus untuk mengentaskan kemiskinan, salah satu upayanya yaitu melalui Baznas," katanya.

Ia menjelaskan penggantian pimpinan Baznas tersebut karena adanya pimpinan badan amil itu yang memundurkan diri dan menurutnya hal itu disebabkan oleh miskomunikasi.

Ia menegaskan penggantian pimpinan Baznas tersebut tidak ada hubunganya dengan politik pada Pilkada Sumbar 2020.

"Ini murni agar dana zakat dapat disalurkan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia menyampaikan pimpinan Baznas Pariaman yang sekarang bekerja hingga 7 Februari 2021 sehingga dirinya meminta agar dapat bekerja secara maksimal.

Sementara Ketua Baznas Pariaman, Jamohor mengatakan kas di Baznas Kota Pariaman hingga sekarang yang terletak di tiga bank di daerah itu lebih dari Rp5 miliar.

Ia menyebutkan dana tersebut berasal dari ASN di daerah itu selama setahun sekitar Rp3 miliar sedangkan sisanya merupakan dana zakat sisa tahun kemarin yang belum disalurkan dan zakat pihak swasta.

"Dana ini yang akan kami bagikan kepada sekitar dua ribu warga di empat kecamatan di Pariaman hingga akhir tahun," kata dia.

Ia mengatakan dalam penyaluran tersebut pihaknya akan lebih terbuka serta mengedepankan warga yang berhak menerima.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar