Terkait lockdown UNP, Rektor ingatkan agar selalu disiplin memakai masker

id Unp, rektor,Lockdown, ganefri

Terkait lockdown UNP, Rektor ingatkan agar selalu disiplin memakai masker

Rektor UNP Prof. Ganefri (kiri) yang selalu disiplin memakai masker pada setiap kegiatan. (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D kembali mengajak dan mengingatkan pada warga UNP serta pada peserta yang mengikuti webinar agar selalu disiplin memakai masker serta mematuhi protokol kesehatan.

Ha itu ia sampaikan pada saat memberikan sambutan sekaligus membuka penyelenggaraan webinar yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PPKLH) UNP bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat pada Selasa (20/10).

“Perlu kita ingatkan pada peserta bahwa patuhilah protokol kesehatan dan selalu memakai masker yang sangat penting sekali karena virus ini menularnya pada umumnya 90 persen melalui droplet atau mulut,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa memang selama 15 hari ini UNP melakukan WFH karena banyak yang tertular hampir satu hari itu ada 12 orang yang positif dan memang ini berada pada pusat Rektorat sendiri sehingga layanan ditutup sementara secara langsung tetapi semua aktifitas dilakukan WFH dan tidak ada yang terganggu karena semua aktifitas berjalan dengan baik.

Kemudian ia menyadari betul bahwa teman-teman yang disiplin memakai masker walaupun dia berada pada satu ruang dengan yang positif COVID-19, alhamdulillah mereka tidak tertular.

“Artinya ini juga pelajaran bagi kita dan tidak perlu pula sampai gagal paham dengan virus ini sehingga semuanya merasa ketakutan dan tidak bisa beraktivitas,” sambungnya.

Ia menyebutkan bahwa virus ini pada umumnya hanya menular dan masuk pada tubuh melalui mulut, hidung dan mata, maka itu yang perlu kita kendalikan.

“Maka dari itu memakai masker wajib bagi kita bukan hanya saat ini tapi ke depan harus jadi budaya yang kita bangun karena dengan memakai masker kita akan terhindar dari berbagai macam virus yang akan masuk ke dalam tubuh kita,” sebutnya.

Ia berharap mudah-mudahan dengan kedisiplinan kita semua dengan pandemi ini semua aktivitas, inovasi, yang dilakukan tidak akan terhambat.

“Saya yakin walaupun dengan segala keterbatasan, setiap ada tantangan disana akan lahir inovasi dan akan lahir solusi-solusi yang memberikan dampak terhadap peningkatan kreativitas kita semua,” tuturnya.