APBD Payakumbuh akan berkurang hingga Rp101 miliar di 2021

id berita payakumbuh,berita sumbar,apbd

APBD Payakumbuh akan berkurang hingga Rp101 miliar di 2021

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda. (antarasumbar/Istimewa)

Ini sudah keputusan kementerian keuangan tentang transfer alokasi ke daerah dan dana desa yang mana di dalam itu Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID) dan dana lainnya yang membuat pengurangan mencapai Rp101 milliar,
Payakumbuh (ANTARA) - APBD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat dipastikan akan berkurang hingga Rp101 milliar pada 2021 sehingga APBD di daerah itu kurang lebih hanya tersisa Rp600 milliar.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa berkurangnya APBD tersebut karena memang transfer alokasi ke daerah di 2021 untuk Kota Payakumbuh berkurang.

"Ini sudah keputusan kementerian keuangan tentang transfer alokasi ke daerah dan dana desa yang mana di dalam itu Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID) dan dana lainnya yang membuat pengurangan mencapai Rp101 milliar," kata dia.

Ia mengatakan dengan APBD yang berkurang tersebut anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dikurangi meskipun saat ini masih dalam tahap pembahasan.

"Nantinya tentu tahapannya harus disetujui oleh DPRD, jadi ini baru pembahasan dan OPD memang sudah mulai melakukan entri meskipun intinya tetap harus pembahasan dan persetujuan dari DPRD," ujarnya.

Bahkan, dampak dari pengurangan tersebut membuat beberapa program atau pembangunan fisik yang sebelumnya telah direncanakan harus ditunda pelaksanaannya dan termasuk belanja kantor.

"Mulai dari belanja alat perkantoran termasuk komputer, pengadaan baju dinas, bahkan perjalanan dinas dikurangi hingga 35 persen. Ini yang saat ini bisa dilakukan karena berkurangnya anggaran ini," ujarnya.

Salah satu program pembangunan yang kemungkinan harus ditunda, sambungnya adalah proses pembangunan Masjid Agung yang semulanya direncanakan mulai dibangun pada 2021.

"Karena pengurangan pada 2021 hanya dapat dilakukan pembebasan lahan, belum dapat dibangun. Meskipun rencananya pada 2021 sudah ada yang mulai dikerjakan," kata Rida.

Meski begitu ia memastikan bahwa beberapa program yang dalam rangka pemulihan ekonomi masih akan berlangsung seperti pembangunan jalan, drainase dan pengairan.

"Intinya itu belanja pada 2021 direncanakan akan fokus atau lebih diarahkan kepada masyarakat. Bagaimana dapat kembali memulihkan ekonomi," ujarnya. ***1***