Seorang anggota DPRD Pariaman sumbangkan hampir 100 persen gajinya kepada konstituen

id berita pariaman, berita sumbar, anggota dprd sumbangkan gaji

Seorang anggota DPRD Pariaman sumbangkan  hampir 100 persen gajinya kepada konstituen

Anggota DPRD Kota Pariaman, Sumbar dari Fraksi Gerindra Harpen Agus Bulyandi (kiri) secara simbolis menyerahkan beras kepada warga Desa Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara yang dananya diambil dari gajinya sebagai anggota dewan setempat, Pariaman, Minggu. (Antara/Aadiat M S)

Pariaman (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra Harpen Agus Bulyandi menyumbangkan hampir 100 persen gaji setiap bulannya kepada konstituen selama menjadi legislator di daerah itu.

"Ini merupakan janji saya semasa kampanye pada pemilihan legislatif dulu, jadi hampir 100 persen gaji yang saya dapat saya salurkan ke setiap desa di daerah pemilihan," kata Harpen Agus Bulyandi saat menyalurkan beras kepada warga serta melihat pelaksanaan pembangunan musala di Desa Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara, Minggu.

Ia mengatakan semenjak dilantik menjadi anggota DPRD Pariaman setidaknya sudah 12 desa menjadi lokasi penyaluran sembako yang dananya diambil dari gajinya sebagai legislator setempat.

Ia menjelaskan alasannya menyumbangkan gajinya tersebut kepada pemilih di daerah pemilihannya karena menurutnya anggota dewan harus dapat membantu dan mewakili masyarakat di pemerintahan.

"Apalagi sekarang masa pandemi COVID-19 yang berdampak pada ekonomi," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk penyaluran hari ini yaitu di Desa Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara berupa beras 1,5 ton serta sumbangan pembangunan musala untuk tahap awal senilai Rp5 juta.

Setelah selesai di desa tersebut, lanjutnya maka bulan depan ia akan menyalurkan sembako untuk desa lainnya di Kecamatan Pariaman Utara.

"Insya Allah selama saya menjabat sebagai anggota DPRD maka hal ini akan saya lanjutkan," tambahnya.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Kepala Desa Tungkal Utara Budi Prasetia mengatakan warga di daerah itu sebagian besar berprofesi sebagai petani dan saat ini juga terdampak COVID-19 sehingga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ini merupakan aksi nyata, karena selama saya menjabat Pj Kepala Desa Tungkal Utara baru ini anggota dewan yang memberikan bantuan," kata dia.

Sejalan dengan itu salah seorang tokoh masyarakat setempat Zaini berharap anggota DPRD Pariaman tersebut dapat menjadi contoh bagi anggota dewan lainnya karena menepati janji yang disampaikan saat kampanye.

"Bagi kami kalau anggota dewan menepati janjinya saat berkampanye kami merasa dekat dengannya dan orang tersebut amanah," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar