Gubernur Sumbar minta tenaga kesehatan rutin jalani tes usap

id tenaga kesehatan sumbar,covid sumatera barat,pemeriksaan covid

Gubernur Sumbar minta tenaga kesehatan rutin jalani tes usap

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meminta tenaga kesehatan yang berinteraksi langsung dengan pasien di rumah sakit rutin menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan COVID-19.

"Tenaga kesehatan adalah ujung tombak dalam penanganan COVID-19. Namun dalam melaksanakan tugas mereka juga rentan terpapar karena itu harus rutin tes," katanya di Padang, Sabtu.

Pemeriksaan rutin, menurut dia, merupakan bagian dari upaya pengecekan kondisi kesehatan guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Kalau rutin menjalani tes untuk memastikan tubuhnya tidak terserang COVID-19, tenaga kesehatan bisa pulang ke rumah dan berkumpul dengan keluarga tanpa kekhawatiran akan menularkan virus kepada anggota keluarga.

Gubernur mengemukakan bahwa kalau tenaga kesehatan yang tertular virus corona semakin banyak, maka upaya penanggulangan COVID-19 bisa terganggu.

"Kita berharap hal ini tidak terjadi," katanya.

COVID-19 pada Tenaga Kesehatan

Direktur Utama RSUP M. Djamil Padang Dr. dr. Yusirwan Sp.B, Sp. BA (K) MARS mengatakan bahwa sejak awal pandemi hingga saat ini total ada 260 tenaga kesehatan di rumah sakitnya yang tertular COVID-19.

Ia menengarai 90 persen kasus penularan virus corona pada tenaga kesehatan tidak terjadi saat mereka memberikan pelayanan kepada masyarakat, tetapi terjadi setelah jam kerja karena mereka tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan selepas bekerja.

"Ini menjadi evaluasi bagi kita tenaga kesehatan agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dalam upaya menekan risiko penularan COVID-19, pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona setiap hari dilakukan pada 200 tenaga medis di RSUP M. Djamil Padang