Peserta Diklat KLHK Kunjungi PT Semen Padang pelajari pengelolaan lingkungan

id berita padang,berita sumbar,pt SP

Peserta Diklat KLHK Kunjungi PT Semen Padang pelajari pengelolaan lingkungan

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri ketika menerima peserta diklat SDM KLHK di Semen Padang, Jumat. (antarasumbar/HO)

Sebagai perusahaan semen yang peduli terhadap lingkungan, PT Semen Padang dianggap sebagai tempat yang representatif bagi KLHK untuk kegiatan Field Trip bagi peserta Diklat SDM KLHK,
Padang (ANTARA) - Peserta Diklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengunjungi PT Semen Padang dalam rangka studi lapangan mempelajari pengelolaan lingkungan hidup.

"Sebagai perusahaan semen yang peduli terhadap lingkungan, PT Semen Padang dianggap sebagai tempat yang representatif bagi KLHK untuk kegiatan Field Trip bagi peserta Diklat SDM KLHK," kata Widyaswara KLHK Amrizal Tanjung di Padang, Jumat.

Dalam kunjungan itu juga ikut serta tujuh orang peserta Diklat SDM KLHK, tiga orang petugas pendamping dan dua orang tenaga pengajar Diklat SDM KLHK.

Amrizal menyampaikan Field Trip ke PT Semen Padang bertujuan untuk mendapatkan gambaran konkret tentang kegiatan pengawasan pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup untuk kepentingan pembelajaran bagi peserta diklat.

"Kami menjadikan PT Semen Padang untuk kegiatan Field Trip, karena PT Semen Padang merupakan industri besar yang kompleks untuk pembelajaran peserta diklat, khususnya untuk peserta Pelatihan Pembentukan Pengawas Lingkungan Hidup," ujar dia.

Selain kompleks untuk pembelajaran peserta diklat Pelatihan Pembentukan Pengawas Lingkungan Hidup, PT Semen Padang juga merupakan industri besar yang pernah meraih penghargaan proper hijau dua kali berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017.

Dalam kegiatan Field Trip tersebut peserta akan mengunjungi fasilitas produksi dan fasilitas pengelolaan limbah berupa instalasi pengelolaan air limbah, mengunjungi alat pengendali pencemaran udara, gudang serta tempat penyimpanan limbah B3.

Kemudian, para peserta diklat juga mengunjungi objek lain yang terkait dengan pembelajaran Pelatihan Pembentukan Pengawas Lingkungan Hidup Diklat SDM KLHK.

"Jadi, kami berterima kasih kepada PT Semen Padang yang telah bersedia memfasilitasi peserta Diklat KLKH untuk kegiatan Field Trip ini," katanya.

Sementara Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri pada kesempatan itu memaparkan perusahaannya selalu konsisten melakukan pengendalian lingkungan terhadap aktivitas operasional perusahaan diantaranya, pemantauan emisi terkait pemanfaatan limbah B3.

"Pemantauan itu dilakukan setiap enam bulan yang bekerjasama dengan pihak ketiga. Dan, kerjasama itu sesuai dengan peraturan Permen LHK N0 P.19/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2/2017 tentang baku mutu emisi bagi usaha dan/atau kegiatan industri semen," katanya.

Kemudian untuk mengendalikan limbah cair, PT Semen Padang telah membuat check dam dan sedimen pond serta oil trap, sehingga air yang masuk ke perairan memenuhi baku mutu yang ditetapkan.

"Untuk pemantauan kualitas pembauang air pabrik, kami lakukan setiap bulan bekerjasama dengan laboratorium penguji eksternal," ujarnya.

Selain menyampaikan pengelolaan dan pengendalian limbah, Oktoweri juga memaparkan pihaknya punya program Semen Padang Makin Peduli, Negeri Lestari.

Dengan program ini, PT Semen Padang memperhatikan lingkungan hidup melalui berbagai kegiatan. Diantaranya, menggiatkan kegiatan Barasiah Basamo bersama masyarakat dan unsur pemerintahan, termasuk dengan TNI.

Kemudian, melakukan konservasi ikan bilih yang sudah endemik di Danau Singkarak.

"Ikan bilih ini kami konservasi di kawasan Keanekaragaman Hayati PT Semen Padang. Saat ini, konservasinya masih berlangsung dan kami bekerjasama dengan Universitas Bung Hatta," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar