206 inovasi didaftarkan pada ajang SPIE 2020

id berita padang,berita sumbar,semen padang

206  inovasi  didaftarkan pada ajang SPIE 2020

Alhamdulillah, judul inovasi yang masuk ke kami terus meningkat, (antarasumbar/HO)

Alhamdulillah, judul inovasi yang masuk ke kami terus meningkat,
Padang (ANTARA) - Sebanyak 206 judul inovasi didaftarkan pada ajang Semen Padang Improvement Ivent (SPIE) 2020 yang merupakan kompetisi inovasi antar karyawan di lingkungan perusahaan semen tersebut.

"Alhamdulillah, judul inovasi yang masuk ke kami terus meningkat, sampai akhir September 2020, sebanyak 206 judul inovasi yang kami terima sudah diregistrasi sebagai peserta SPIE 2020," kata Senior Total Productive Maintenance (TPM) PT Semen Padang, Fery Sarvino di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan jumlah judul inovasi ini akan terus bertambah, seiring masih adanya waktu untuk registrasi SPIE tahun 2020 sampai November 2020, namun jika ada judul yang masuk pada Desember 2020 maka judul tersebut diterima untuk dilanjutkan pada SPIE tahun 2021.

Kemudian untuk pengumuman pemenang SPIE 2020, dilakukan pada Februari 2021, atau pada saat penutupan bulan mutu dan K3 Nasional.

"Jadwal registrasi SPIE ini dimulai dari Desember sampai November. Sedangkan jadwal penilaiannya pada Desember sampai Januari. Begitu tahapan SPIE ini tiap tahunnya," ujar Fery.

Ajang SPIE ini, merupakan salah satu strategi perusahaan untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan dan menciptakan keunggulan dalam bersaing.

"Selain menjadi strategi perusahaan SPIE ini bagi karyawan juga menjadi media untuk terus berinovasi," kata dia.

Staf TPM Officer PT Semen Padang ,Wan Setiawan memaparkan jumlah departemen yang ikut pada ajang SPIE tahun 2020 inidari 206 judul yang telah diregistrasi, paling banyak berasal dari Departemen Pemeliharaan sebanyak 73 judul.

Sisanya, berasal dari Departemen Tambang 49 judul, Departemen Produksi Klinker 41 judul dan Departemen Produksi Semen 23 judul, serta Departemen Perencanaan dan Pengendalian sebanyak 11 judul," katanya.

Selain mendata departemen asal judul inovasi, TPM pun juga mencatat jumlah karyawan/ti yang ikut bersaing di SPIE 2020 ini. "Sampai September, jumlah karyawan/ti yang ikut ajang SPIE tahun ini tercatat sebanyak 37 persen, atau 474 karyawan dari 11.94 karyawan Semen Padang," ujarnya.

Dalam melakukan improvement dan inovasi di Semen Padang setiap tahun digelar SPIE.

Bagi karyawan/ti yang meraih prestasi diikutkan pada ajang kompetisi inovasi di group SIG. Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional.

Inovasi yang dilahirkan selama ini telah berkontribusi meningkatkan profit perusahaan. Sementara tim unit kerja yang melahirkan inovasi, selain mendapat apresiasi karena diikutkan pada ajang nasional dan internasional, juga mendapatkan kesempatan menambah pengetahuan dan melakukan benchmarking terhadap inovasi dari perusahaan lain pada lomba inovasi yang mereka ikuti.

Tim Inovasi Semen Padang ketika mengikuti sebuah ivent inovasi beberapa waktu lalu.Antara/HO