UNP tanamkan mindset serta bekali mahasiswanya agar menjadi pencipta lapangan kerja

id UNP, prodi,kewirausahaan, KBMI, jop fair, kamus merdeka

UNP tanamkan mindset serta bekali mahasiswanya agar menjadi pencipta lapangan kerja

Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Dr. Asmar Yulastri di Padang, Kamis (15/10). (Antara/Ist)

Padang (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis (PT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Negeri Padang (UNP) terus berupaya merubah mindset serta membekali kompetensi wirausaha bagi mahasiswa ataupun para lulusan agar tidak lagi berfikir mencari pekerjaan setelah menyelesai studi, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UNP Dr. Asmar Yulastri di Padang, Kamis, mengatakan bahwa disituasi saat ini baik lulusan pendidikan maupun non pendidikan sama saja, peluang pekerjaan semakin hari semakin sempit kalau masih saja mahasiswa atau lulusan berfikir untuk mencari pekerjaan.

"Kami di UPT PKK salah satu misi kami sekarang yaitu merubah mindset dari para mahasiswa dan lulusan agar kalau sudah lulus tidak lagi mencari pekerjaan tapi menciptakan pekerjaan sendiri," ungkapnya.

Apalagi di era teknologi informasi dan digitalisasi sekarang ini sebenarnya masih sangat banyak peluang-peluang untuk bisa membuka atau membuat pekerjaan untuk diri sendiri, tambahnya.

Kemudian sebaliknya menurutnya di era revolusi industri 4.0 ini pekerjaan yang biasanya diburu oleh lulusan lembaga pendidikan sudah banyak yang berkurang karena sudah banyak digantikan oleh program yang tidak lagi membutuhkan manusia.

"Misal di bidang perbankan walau masih butuh tenaga manusia tapi sudah berkurang. Kalau ke bank saja kita tidak melihat lagi orang antre sampai keluar seperti dulu, itu karena semua sudah bisa dilakukan oleh mesin jadi kalau bicara persaingan pekerjaan tentu sekarang semakin sempit," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa di UNP sudah banyak dibuat program tentang kewirausahaan yang nantinya bisa merubah pemikiran para mahasiswa agar mampu menciptakan pekerjaan sendiri.

Program tersebut menurutnya yaitu adanya mata kuliah Kewirausahaan yang bisa membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi dibidang kewirausahaan sehingga mereka bisa mengembangkan kreativitas, inovasi sendiri dan menciptakan kemandirian jadi tidak bergantung kepada orang lain.

"Untuk itu di UNP mata kuliah Kewirausahaan wajib bagi semua mahasiswa dari semua prodi dan setiap jenjang program. Itu adalah usaha atau program yang dilaksanakan UNP melalui jalur akademik," jelasnya.

Kemudian tambahnya, di luar jalur akademik juga ada program UNP untuk meningkatkan kemandirian, mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka sehingga mereka memiliki kompetensi atau kemampuan untuk berwirausaha.

"Namanya Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), itu dilakukan dengan kompetisi dulu dan diseleksi mana yang sudah menang dan dinyatakan lulus akan mendapatkan pendanaan kemudian mereka dibina agar bisa menjalankan usahanya," sambungnya.

Kemudian, selain itu mahasiswa juga bisa mengikuti program lainnya seperti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Kompetensi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KBIM), Minang Entrepreneur Award (MEA), ada juga PKM yang mana juga untuk melatih kemandirian mahasiswa terutama ada Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) serta Kompetisi Business Plan dan Desain Poster Kewirausahaan tingkat mahasiswa.

Selain itu tambahnya setiap tahun UNP juga mengadakan Job Fair yang bertujuan agar memudahkan mahasiswa mendapatkan pekerjaan

"Jadi kami mengundang perusahaan untuk rekrutmen pegawai dan banyak juga yang terekrut disana, perusahaannya dari dunia industri, usaha, ada juga BUMN," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar