Pegawai empat instansi di Solok Selatan lakukan tes usap

id Novirman,covid-19 solok selatan,berita solok selatan,solok selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Pegawai empat instansi di Solok Selatan lakukan tes usap

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman. (ANTARA/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Sebanyak empat instansi pemerintahan di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat melakukan tes usap guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu, Senin.

"Ke empat instansi itu yaitu tiga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah setempat dan satu lagi unsur Polri dengan estimasi 275 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, satu tim petugas kesehatan yang diturunkan beranggotakan lima orang, dan tempat pengambilan sampel dilakukan di Mapolres, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sedangkan instansi yang akan dites usap yaitu Polri sekitar 150 orang, BPKD 40 orang, DPMPTSP 44 orang dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2A) sebanyak 41 orang.

Untuk pegawai di DP2KBP2A bisa melakukan tes usap di BPKD sebab kantor keduanya berdekatan.

Dia mengungkapkan, penambahan kasus positif COVID-19 di Solok Selatan hari ini sebanyak empat orang yaitu yang pertama KN merupakan anak dari positif COVID-19 di Pekan Selasa.

Selanjutnya BN warga Sungai Manau merupakam hasil penelusuran dari pasien di Sungai Kalu yang dites usap karena kehilangan penciuman.

Seterusnya DI warga Pakan Selasa bekerja sebagai pegawai di BKPSDM karena kontak erat dengan pasien sebelumnya dan merupakan teman kerja serta SM yang merupakan istri DI.

Dia mengimbau, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta mejaga jarak dengan lawan bicara.

"Mari bersama-sama menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku," ujarnya.

Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Solok Selatan sudah 49 orang dengan sembuh 25 orang dan dalam perawatan atau Isolasi 24 orang. (*)