Harga cabai merah naik di Pasar Raya Padang

id berita padang,berita sumbar,cabe

Harga cabai merah naik di Pasar Raya Padang

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang memeriksa cabai merah dagangannya, pada Jumat (9/10). (Antarasumbar/FathulAbdi)

Dalam beberapa hari terkahir harga cabai merah dijual Rp40 ribu per kilogram, biasanya berkisar di harga Rp30 ribu per kilogram,
Padang (ANTARA) - Harga cabai merah di tingkat pedagang Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir dengan besaran mencapai Rp10 ribu per kilogram.

"Dalam beberapa hari terkahir harga cabai merah dijual Rp40 ribu per kilogram, biasanya berkisar di harga Rp30 ribu per kilogram," kata salah seorang pedagang Anto (40) di Padang, Jumat.

Kondisi hujan disertai angin kencang yang mengguyur sejumlah daerah ditenggarai menjadi faktor penyebab kenaikan harga tersebut.

"Hasil panen petani berkurang sehingga stok barang terbatas lalu berimbas ke kenaikan harga," katanya.

Tidak hanya cabai merah, harga bawang merah juga mengalami kenaikan dari Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp28 ribu per kilogram.

Hal yang sama juga terjadi untuk cabai rawit yang awalnya Rp28 ribu per kilogram naik menjadi Rp34 ribu per kilogram.

Sedangkan harga komoditas lain seperti bawang putih dan bawang bombai diangka normal yaitu Rp20 ribu dan Rp15 ribu per kilogram.

Anto tidak menampik kenaikan harga berdampak pada turunnya jumlah pembeli, namun ia terpaksa harus menaikkan sebab harga di tingkat pemasok juga naik.

Pedagang lainnya Nailis (52) juga menyebutkan kenaikan harga cabai merah yang awalnya Rp30 ribu hingga Rp38 ribu per kilogram, kini di kisaran Rp42 ribu.

"Harga cabai hijau juga naik dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram," katanya.

Sementara cabai rawit yang awalnya di kisaran harga Rp28 ribu sampai Rp32 ribu per kilogram, naik menjadi Rp35 ribu.

Pada bagian lain, kenaikan harga cabai merah tersebut membuat pembeli mengeluh, salah satunya pemilik kedai nasi Lilis Lusiani (43).

"Kalau harga naik tentu modal usahanya bertambah, tapi hingga saat ini saya belum menaikkan harga di kedai nasi," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar