Solok Selatan bentuk Satgas Penanganan COVID-19 hingga ke jorong

id covid-19 di solok selatan,satgas penanganan covid-19,solok selatan,jasman rizal

Solok Selatan bentuk Satgas Penanganan COVID-19 hingga ke jorong

Penjabat sementara Bupati Solok Selatan Jasman Rizal (kiri). (ANTARA/HO-Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan Jasman Rizal mendukung peran-peran yang akan dilakukan kecamatan, kenagarian, bersama-sama terlibat aktif dalam mencegah dan menanggulangi wabah COVID-19.

Untuk itu, kata Jasman di Padang Aro, Rabu, pemerintah setempat melalui surat edarannya No.130/123/Pem-Otoda-2020 Tanggal 28 September 2020, kembali menginstruksikan kecamatan dan kenagarian untuk membentuk satuan tugas (satgas) penanganan COVID-19, bahkan hingga ke jorong-jorong sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya, imbuhnya penguatan fungsi camat secara bertahap juga akan ditingkatkan.

"Termasuk dalam penanganan Covid-19 di lapangan, kecamatan akan diperkuat melalui dukungan anggaran yang memadai nantinya sesuai aturan yang ada," ujarnya.

Apalagi saat ini, Solok Selatan sudah masuk zona 'orange', sehingga harus bergerak dalam penanganan covid-19, salah satunya larangan aktifitas keramaian, dan sekolah tatap muka.

"Sudah pasti para camat dan para wali nagari harus kerja keras, baik untuk mengingatkan warga harus taat protokol covid, maupun mendorong masyarakat untuk melakukan swab test," ujarnya Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sumbar ini.

Dirinya juga mengapresiasi camat dan juga wali nagari yang memiliki tugas 24 jam di tengah-tengah masyarakatnya terkait berbagai persoalan.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa program dalam waktu dekat, Pemkab akan melakukan pengambilan sampel swab sebanyak-banyaknya, sebagai usaha memutus mata rantai penyebaran Covid.

"Salah satu metode pemutusan mata rantai COVID-19, adalah segera menemukan masyarakat yang terkena Covid untuk segera diisolasi. Karena hampir 90% diantara penderita COVID itu sendiri adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk itu kita akan melakukan uji SWAB sebanyak-banyaknya," terangnya.

Camat Pauh Duo Bujang Basri mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melaksanakan instruksi yang telah diberikan.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pjs Bupati yang berkomitmen untuk mendukung penguatan fungsi kecamatan, termasuk dukungan dalam penanganan covid nantinya.