ACT fungsikan masjid sebagai penguat ekonomi umat lewat Wakaf Modal Usaha Mikro

id berita padang,berita sumbar,act

ACT fungsikan masjid sebagai penguat ekonomi umat lewat Wakaf Modal Usaha Mikro

Program Wakaf Modal Usaha Mikro yang digagas Global Wakaf-ACT untuk membangkitkan fungsi masjid sebagai penguat ekonomi umat dan melepaskan masyarakat ekonomi lemah dari riba. (antarasumbar/dok. ACT Sumbar.)

Melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro kita berupaya membangun kembali fungsi masjid sebagai penguat ekonomi umat, tidak hanya sebagai tempat ibadah saja seperti saat ini,
Padang (ANTARA) - Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat berupaya membangkitkan fungsi masjid sebagai penguat ekonomi umat dengan menjalankan program Wakaf Modal Usaha Mikro yang diluncurkan di Masjid Nurul Ikhlas Andalas di Padang, Jumat.

"Melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro kita berupaya membangun kembali fungsi masjid sebagai penguat ekonomi umat, tidak hanya sebagai tempat ibadah saja seperti saat ini," kata Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf di Padang, Jumat.

Melalui program itu lembaga kemanusiaan tersebut juga memiliki tujuan untuk memutus riba atau menghindarkan bunga dari masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan dukungan modal usaha.

Dana wakaf yang tersedia akan digulirkan kepada masyarakat ekonomi lemah untuk modal usahanya dan pengembalian dana sesuai dengan besaran dana awal yang diterima, tanpa bunga.

"Pada tahap awal ini ada 10 penerima manfaat. Seiring peningkatan dana wakaf tentu akan lebih banyak lagi warga yang dapat dibantu melalui program ini. Kami ajak para dermawan untuk mendukung program ini," jelasnya.

Para penerima, terangnya akan dibimbing dalam menjalankan usaha dan pengangsuran dana dengan menyediakan tiga celengan yakni satu celengan sebagai tabungan penyimpan angsuran, satu celengan untuk berinfaq dan satu celengan untuk tabungan pribadi.

"Sehari-hari sisihkan hasil jualan untuk pengembalian dana. Lalu bagaimanapun kondisi, jangan lupa berinfaq dan upayakan menabung untuk persiapan kebutuhan ke depan," katanya.

Selain itu para penerima juga wajib mengikuti ketentuan diantaranya menunaikan shalat lima waktu di masjid dan ikut meramaikan kegiatan yang digelar di masjid.

Bagi masyarakat yang ingin mendukung program Wakaf Modal Usaha Mikro dapat menyalurkan bantuan melalui https://padang.indonesiadermawan.id/campaign/5849/bantu-petani-dan-pedagang-kecil-bebas-dari-riba-dengan-wakaf-modal-usahamu.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar