Kejari Padang maksimalkan peran saat masa kampanye Pilkada 2020

id berita padang,berita sumbar,jaksa

Kejari Padang maksimalkan peran saat masa kampanye Pilkada 2020

Kepala Kejaksaan Negeri Padang Ranu Subroto. (Antarasumbar/FathulAbdi)

Kami maksimalkan peran jaksa saat masa kampanye melalui peran Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Galkumdu),
Padang (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan pihaknya memaksimalkan peran dalam masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dalam Pilkada serentak 2020.

"Kami maksimalkan peran jaksa saat masa kampanye melalui peran Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Galkumdu)," kata Kepala Kejaksaan Negeri Padang, Ranu Subroto di Padang, Jumat.

Pemaksimalan peran tersebut guna menjalankan kewenanganan jaksa serta memastikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar berjalan dengan aman dan lancar.

Ia menyebutkan ada empat jaksa yang ditugaskan Kejari Padang dalam tim Sentra Gakumdu yaitu Yarnes, Budi Prihalda, Mulyana Safitri dan Willy Yoza.

Para jaksa tersebut akan berperan aktif dan duduk bersama dengan instansi lainnya guna memroses pelanggaran tindak pidana Pemilu.

"Ketika ada indikasi pelanggaran pidana maka jaksa akan langsung berkoordinasi untuk penanganan perkaranya," ujarnya.

Melalui Sentra Gakumdu, koordinasi bersama instansi lain seperti penyidik bisa dilakukan dari awal agar tahu langkah-langkah yang perlu diambil.

Sementara jaksa dalam Sentra Gakkumdu Yarnes mengatakan ada beberapa bentuk pelanggaran pidana yang diantisipasi pihaknya saat masa kampanye.

Seperti kampanye hitam, kampanye di luar jadwal, politik uang, perusakan alat peraga kampanye, dan lainnya sesuai peraturan.

Kejaksaan mengimbau agar seluruh pihak mengikuti aturan dan tidak melakukan pelanggaran dalam masa Pilkada serentak 2020.

Pada bagian lain, masa kampanye bagi calon kepala daerah di Pilkada serentak 2020 akan dimulai pada Sabtu (26/9/) hingga 5 Desember 2020.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar