Masih bertambah, pasien positif COVID-19 di Kabupaten Solok menjadi 114 orang

id corona di solok,pandemi covid-19,kasus covid di solok,satgas corona solok,dinkes solok

Masih bertambah, pasien positif COVID-19 di Kabupaten Solok menjadi 114 orang

Ilustrasi (Antara/ist)

Arosuka (ANTARA) - Jumlah pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Solok, Sumatera Barat menjadi 114 orang setelah sembilan orang warga dinyatakan positif virus tersebut.

Juru Bicara COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam di Arosuka, Kamis mengatakan berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Kesehatan setempat pasien positif COVID-19 kembali bertambah sembilan orang, yakni enam orang merupakan karyawan PLN Arosuka, dua orang bekerja sebagai ASN, dan satu orang lainya bekerja di PLN Singkarak yang berkontak erat dengan kasus positif COVID-19 dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Sementara 114 orang yang positif COVID-19 tersebut 57 orang tengah menjalani karantina mandiri, tiga orang dirawat di rumah sakit, meninggal tiga orang, dan sembuh sebanyak 51 orang.

Selain itu, ia menyebutkan dua pasien yang sebelumnya dicurigai positif COVID-19 dan sempat dirawat di rumah sakit, hari ini dinyatakan sembuh karena hasil Pemeriksaan spesimennya negatif.

"Namun masih tinggal satu orang lagi yang dicurigai positif COVID-19 yaitu perempuan (25) dari Nagari Talang Babungo, saat ini tengah dirawat di RSUD Arosuka," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan sampai saat ini pemeriksaan spesimen di Kabupaten Solok sudah mencapai 3.559 orang dan 1.684 berasal dari kegiatan pool test Kabupaten Solok.

Ia juga mengatakan berdasarkan evaluasi dan perhitungan dari 15 indikator Kesmas yang berlaku sejak 20 sampai 26 September 2020, Kabupaten Solok termasuk zona kuning atau risiko rendah COVID-19 dari tujuh daerah lainnya yaitu Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Pasaman, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Sijunjuang, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Solok Selatan.

"Mari kita perangi bersama-sama pandemi COVID-19 ini sesuai dengan anjuran pemerintah dan tetap berfikir positif demi masyarakat kita semua," kata dia.

Ia mengimbau agar masyarakat Kabupaten Solok, Sumatera Barat mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan tetap memakai masker saat berinteraksi di luar rumah.

"Hal itu bertujuan untuk membentengi diri agar terhindar dari penularan COVID-19," kata dia.

Tidak hanya itu, ia mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga diri dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yaitu menggunakan masker, tetap menjaga jarak, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi vitamin.