Pemkot Payakumbuh mulai salurkan bantuan sosial beras dari Kemensos

id berita payakumbuh,berita sumbar,beras

Pemkot Payakumbuh mulai salurkan bantuan sosial beras dari Kemensos

Bantuan Sosial (Bansos) Beras Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam rangka penanganan dampak COVID-19 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Payakumbuh mulai disalurkan. (antarasumbar/HO)

Bansos beras PKH ini adalah bantuan dari Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI dengan sasaran Bansos beras adalah 10 juta KPM PKH se Indonesia yang tercatat pada bulan Juli 2020,
Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat telah mulai menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Beras Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam rangka penanganan dampak COVID-19 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Yunida Fatwa di Payakumbuh, Rabu, mengatakan untuk daerah itu jumlah penerima adalah 3806 kepala keluarga yang merupakan KPM PKH pada bulan Juli 2020.

"Bansos beras PKH ini adalah bantuan dari Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI dengan sasaran Bansos beras adalah 10 juta KPM PKH se Indonesia yang tercatat pada bulan Juli 2020," jelas dia yang didampingi Kabid PRJS Friza Susanti.

Ia menambahkan jumlah bantuan beras itu sebesar 15 Kilogram per KPM selama tiga bulan alokasi Agustus sampai Oktober 2020 yang akan dibagikan setiap bulannya.

"Sesuai surat kementerian sosial, kami baru menyalurkan bantuan beras untuk Agustus dan September 2020. Berarti yang dibagikan kali ini sebesar 30 Kilogram. Bulan selanjutnya baru untuk yang Oktober 2020," sebutnya.

Ia mengatakan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan bansos ini akan disalurkan selama tiga hari, yakni Rabu hingga Jumat. Pada hari ini dimulai dari Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) dan Payakumbuh Selatan.

Untuk Kecamatan Payakumbuh Utara dan sebagian Payakumbuh Barat akan dilakukan pada Kamis (24/9). Sedangkan sebagian Payakumbuh Barat lagi dan Payakumbuh Timur dan Jumat (25/9).

"Penyaluran bantuan juga kami bagi per kelurahan yang ada dilakukan di kantor lurah, masjid, lapangan dan lainnya. Ini juga untuk meminimalisir jumlah masyarakat yang datang agar sesuai dengan protokol kesehatan," terang dia.

Sementara itu, untuk bantuan lainnya dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI yakni sebesar Rp500 ribu telah dibagikan pada Agustus 2020.

"Bantuan ini untuk masyarakat penerima Bansos sembako non PKH, jumlahnya di Payakumbuh itu ada 3139 KK," sebutnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar