Wako Pariaman: peran tokoh adat bantu percepat pembangunan

id genius umar

Wako Pariaman: peran tokoh adat bantu percepat pembangunan

Walikota Pariaman, Sumbar Genius Umar memberikan sambutan pada kegiatan Pembekalan Lembaga Adat dalam Rangka Pelestarian Nilai-nilai dan Budaya Minangkabau di Pariaman, Selasa. (ANTARA/HO)

Pariaman (ANTARA) - Walikota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan tokoh adat di daerah itu baik ninik mamak, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) maupun Bundo Kanduang berperan mempercepat pembangunan di daerah itu.

"Banyak pembangunan di Pariaman dibantu oleh Ninik Mamak, LKAAM dan Bundo Kanduang," kata Walikota Pariaman Genius Umar saat sambutan pada kegiatan Pembekalan Lembaga Adat dalam Rangka Pelestarian Nilai-nilai dan Budaya Minangkabau di Pariaman, Selasa.

Ia menyebutkan ada pun pembangunan tersebut yaitu Pasar Pariaman, Talao Pauh dan pengembangan waterfront city atau kota tepi air yang dana pembangunannya dari pemerintah pusat.

Ia menyampaikan pembangunan tersebut dilakukan tanpa ada kendala yang berarti atau tanpa gangguan dari tokoh tertentu yang ingin menghambat pembangunan yang hal tersebut karena Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman mendapatkan dukungan dari tokoh adat setempat.

"Ini adalah peran penting dari ninik mamak, LKAAM, Kerapatan Adat Nagari, dan Bundo Kanduang," katanya.

Oleh karena itu pihaknya memberikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada kepada tokoh adat di daerah itu karena telah membantu pembangunan di Pariaman.

Ia meminta peningkatan peran tokoh adat di daerah itu untuk membantu Pemkot Pariaman guna mengoptimalkan pariwisata dan atraksi budaya Tabuik.

"Jadi bagaimana atraksi wisata dan budaya di Pariaman dapat mengangkat nama warga Pariaman," ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan pertemuan dengan tokoh adat di daerah itu perlu sering dilakukan untuk meminta saran dan nasehat guna mempercepat pembangunan di Pariaman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman Efendi Jamal mengatakan banyak peran dari tokoh adat di daerah itu untuk percepat pembangunan.

"LKAAM dan Bundo Kanduang merupakan mitra pemerintah untuk pembangunan daerah," kata dia.