Disdukcapil Agam buka pelayanan adminitrasi kependudukan Selasa (22/9)

id berita agam,berita sumbar,dukcapil

Disdukcapil Agam buka pelayanan adminitrasi kependudukan Selasa (22/9)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam, Misran dan Sekretaris Disdukcapil Agam Nila Wati memberikan keterangan terkait layanan bisa dilakukan Selasa (22/9). (antarasumbar/Yusrizal.)

Pelayanan dokumen kependudukan bisa kita lakukan, Selasa (22/9),
Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali membuka pelayanan pengurusan adminitrasi kependudukan, Selasa (22/9), setelah pelayanan terganggu akibat tower jaringan internet tumbang akibat hujan disertai angin kencang, Minggu (20/9) malam.

"Pelayanan dokumen kependudukan bisa kita lakukan, Selasa (22/9), setelah jaringan internet sudah berfungsi di kantor Disdukcapil Agam," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran didampingi Sekretaris Disdukcapil Agam, Nila Wati di Lubukbasung, Senin.

Ia menambahkan, jaringan internet itu berfungsi setelah petugas PT Telkom Cabang Lubukbasung datang ke kantor Disdukcapil setempat.

Setelah itu, PT Telkom mencarikan solusi dalam mengatasi gangguan jaringan tersebut, sehingga jaringan itu berfungsi.

Kedatangan petugas PT Telkom itu setelah pihaknya melaporkan kondisi gangguan jaringan internet ke pimpinan dan Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri.

"Dalam hitungan jam, gangguan jaringan internet di kantor Disdukcapil Agam bisa diatasi, sehingga pelayanan bisa dilakukan," ujarnya.

Ia menambahkan, pelayanan pengurusan dokumen adminitrasi kependudukan itu dibatasi 100 dari 200 orang per hari untuk mengurai kerumunan warga mengurus dokumen adminitrasi kependudulan dalam mengatasi penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Namun masyarakat bisa mengurus dokumen adminitrasi kependudukan itu lebih dari satu dokumen.

"Satu warga bisa mengurus KTP-El, kartu keluarga dan akte kelahiran. Ini perintah dari Dirjen Dukcapil Kemendagri," katanya.

Untuk staf Disdukcapil Agam, lanjutnya bakal dikurangi masuk kantor atau dirumahkan sepertiga dari jumlah pegawai yang ada.

"Staf yang dirumahkan itu bakal kita roling setiap hari. Kita juga memiliki inovasi Short Message Service (SMS) Geteway dengan nomor ke 081261991111 dalam mendaftar pengurusan dokumen untuk mempermudah masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, pelayanan pengurusan dokumen adminitrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Agam terganggu akibat tower jaringan internet milik dinas itu rusak setelah hujan disertai angin kencang melanda daerah itu, Minggu (20/9) malam.

Pengururusan dokumen adminitrasi kependudukan ditunda untuk beberapa hari setelah jaringan tersambung.

Disdukcapil setempat telah menempel pengumuman terkait gangguan jaringan itu dan warga bisa mendapatkan informasi jaringan sudah baik melalui SMS ketik info spasi jaringan dan kirim ke 082169111221.***3***