Tower internet roboh, pelayanan KTP-e Agam terhenti

id ktp elektronik,disdukcapil agam

Tower internet roboh, pelayanan KTP-e Agam terhenti

Tim BPBD Kabupaten Agam sedang membuka tower jaringan internet yang tumbang, Senin (21/9). (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pelayanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam, Sumatera Barat terganggu akibat tower jaringan internet di kantor itu tumbang akibat diterjang angin kencang pada Minggu (20/9) malam.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran di Lubukbasung, Senin, mengatakan pelayanan dokumen administrasi kependudukan itu ditunda sampai tower tersebut selesai diperbaiki.

"Perbaikan tower itu dilakukan oleh tim teknis dari Disdukcapil Sumbar dan diusahakan selesai dalam waktu dekat, karena sudah kita laporkan," katanya.

Tower jaringan internet yang mengenai atap kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu telah dibuka oleh Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah Agam, Dinas Komunikasi dan Informatika Agam dan Disdukcapil Agam.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam melayani pengurusan dokumen kependudukan berupa KTP-el, kartu keluarga, akte kelahiran, surat pindah dan lainnya sekitar 350 lembar per hari.

Bagi warga yang akan mengurus dokumen administrasi kependudukan bisa meminta informasi terkait jaringan sudah baik dengan cara mengirim Short Message Service (SMS) ketik INFO spasi JARINGAN dan kirim ke 0821 6911 1221.

"Kita akan membalas SMS itu secara aplikasi melalui program SMS Gateway," katanya.

Salah seorang warga Kecamatan Kamangmagek, Robi Oktavia (28) mengatakan pihaknya tidak mengetahui ada gangguan, sehingga berangkat dari rumah untuk mengurus akte kelahiran ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat pukul 05.30 WIB.

"Saya berharap perbaikan tower itu selesai dalam waktu dekat, sehingga akte kelahiran bisa diterbitkan," katanya.