Solok Selatan dapat tambahan bantuan perumahan 300 unit

id Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya,solok selatan

Solok Selatan dapat tambahan bantuan perumahan 300 unit

Kegiatan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Kementerian PUPR. (ANTARA/HO-Kementerian PUPR/am)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mendapat tambahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 300 unit senilai Rp5,2 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Bantuan BSPS tahap dua untuk peningkatan kualitas dan sekarang sudah tahap verifikasi di lapangan oleh petugas," kata Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Perumkim dan LH Solok Selatan Alvino Sendra di Padang Aro, Senin.

Untuk tambahan bantuan BSPS ini tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan.

Untuk rumah di Solok Selatan, katanya masih banyak yang layak dibantu peningkatan kualitas dan pemerintah daerah mengusulkan ke pusat secara bertahap.

"Kami berharap program bantuan perumahan tahun ini berjalan sesuai rencana sehingga untuk usulan 2021 tidak terkendala," ujarnya.

Dia mengatakan Solok Selatan mendapat tambahan bantuan perumahan karena data "by name by address" masih banyak yang layak dibantu serta program ditahun sebelumnya berjalan sesuai harapan.

"Solok Selatan kembali mendapatkan bantuan perumahan karena program sebelumnya berjalan lancar serta masyarakat juga pro aktif," katanya.

Untuk tahap pertama Solok Selatan mendapat bantuan perumahan Program penyediaan perumahan baru melalui DAK sebesar Rp3,6 miliar untuk bangun baru dan BSPS Rp4,5 miliar peningkatan kualitas.

Untuk bantuan pembangunan baru sebanyak 100 unit diberikan masing-masing sebesar Rp35 juta setiap rumahnya dan peningkatan kualitas senilai Rp17,5 juta setiap rumah.

Program bantuan tahap satu katanya, sekarang sudah dikerjakan dan penerima bantuan hanya menerima bahan bangunan sesuai kebutuhan.

"Uang bantuan langsung dikirim ke pemilik toko bangunan sehingga dananya betul-betul digunakan sesuai peruntukan," katanya.