Haaland cetak dua gol bawa Dortmund menang atas Gladbach 3-0

id borussia dortmund,borussia moenchengladbach,erling haaland

Haaland cetak dua gol bawa Dortmund menang atas Gladbach 3-0

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borussia Moenchengladbach dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (19/9/2020). (ANTARA/REUTERS/LEON KUEGELER)

Jakarta (ANTARA) - Erling Braut Haaland mencetak dua gol saat Borussia Dortmund menang 3-0 atas tamunya Borussia Moenchengladbach pada pertandingan putaran pertama Liga Jerman, Minggu dini hari WIB.

Giovanni Reyna membuka keunggulan Dortmund pada menit ke-45 sebelum penalti Haaland pada menit ke-54 menggandakan keunggulan timnya dan mengemas gol keduanya pada menit ke-77 dalam pertandingan yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, demikian laman resmi Liga Jerman.

Dortmund sempat mendapat masalah saat Thorgan Hazard harus ditarik keluar lapangan akibat cedera dan digantikan Felix Passlack pada menit ke-15.

Dortmund mendapatkan peluang bagus pertama melalui sundulan Haaland yang masih bisa ditahan kiper Yann Sommer.

Gladbach juga menciptakan peluang yang memaksa kiper Dortmund Roman Burki dua kali menahan sepakan Jonas Hofmann.

Tidak lama berselang Reyna membukukan gol perdananya di Liga Jerman setelah memaksimalkan operan Jude Bellingham dengan meneruskannya ke sudut gawang Gladbach.

Kedua tim kembali membuat peluang bagus sebelum turun minum ketika Jadon Sancho melepaskan sundulan ke bagian atas gawang Gladbach, sedangkan Burki meredam ancaman dari Stefan Lainer.

Setelah turun minum, gol kedua Dortmund lahir dari titik putih setelah Ramy Bensebaini menjegal Reyna di kotak terlarang yang membuat wasit menghadiahkan penalti setelah tinjauan VAR.

Haaland dengan tenang mengeksekusi bola untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Gladbach kemudian memasukkan Marcus Thuram dan Alassane Plea guna menambah daya serang, namun justru Dortmund yang mendapatkan gol ketiganya melalui kerja sama Sancho dan Haaland yang diselesaikan dengan sempurna oleh sang penyerang Norwegia.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

Borussia Dortmund (3-4-1-2): Roman Buerki, Manuel Akanji, Mats Hummels, Emre Can, Thomas Meunier, Axel Witsel, Jude Bellingham (Thomas Delaney 67'), Thorgan Hazard (Felix Passlack 19'), Jadon Sancho (Marco Reus79'), Giovanni Reyna (Julian Brandt 79'), Erling Haaland

Pelatih: Lucien Favre

Borussia Moenchengladbach (3-4-3): Yann Sommer, Matthias Ginter, Nico Elvedi, Ramy Bensebaini, Stefan Lainer, Cristoph Kramer, Florian Neuhaus, Oscar Wendt (Patrick Herrmann 69'), Hannes Wolf (Marcus Thuram 57'), Lars Stindl (Alassane Plea 57'), Jonas Hofmann

Pelatih: Marco Rose