1500 pekerja informal Padang Panjang jadi peserta BPJamsostek

id Padang Panjang

1500 pekerja informal Padang Panjang jadi peserta BPJamsostek

Penyerahan kartu peserta BP Jamsostek (Kominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Sebanyak 1.500 pekerja informal di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek dan menerima kartu kepesertaan, Kamis(17/9).

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di Padang Panjang mengatakan pemberian kartu kepesertaan program perlindungan bagi pekerja sektor informal tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam menjamin dan melindungi para pekerja.

"Tidak hanya pegawai namun pekerja seperti petani, penambang batu kapur, tukang ojek, pedagang asongan serta pekerja informal lainnya juga harus mendapat jaminan perlindungan dalam bekerja," katanya.

Dengan adanya jaminan perlindungan ia berharap hal itu dapat menambah semangat kerja para pekerja dan lebih fokus dengan pekerjaan sebab sudah ada jaminan perlindungan sekiranya bertemu kendala dalam pekerjaan.

Kepala Cabang BP Jamsostek Bukittinggi Ocky Olivia menyampaikan apresiasi atas kepedulian pemerintah setempat melakukan pendataan tenaga kerja informal untuk diikutkan dalam program di BP Jamsostek.

Selama tiga bulan pertama kepesertaan, Pemkot Padang Panjang akan memberikan bantuan pembayaran iuran bagi 1.500 pekerja sektor informal tersebut yakni sebesar Rp16.800 per bulan per orang.

"Di bulan ke empat dan selanjutnya para pekerja kami harapkan tetap melanjutkan kepesertaan dengan melakukan pembayaran iuran bulanan secara mandiri karena manfaatnya cukup besar," katanya.

Ia mencontohkan salah satu manfaat program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) jika dalam pekerjaan mengalami kecelakaan maka peserta cukup menunjukkan kartu kepesertaan maka dapat langsung dilayani di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama.

"Di Padang Panjang kami bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Ibnu Sina," katanya.

Manfaat lainnya jika peserta meninggal dunia, maka pihak BP Jamsostek memberikan santunan beasiswa untuk dua orang anak sampai lulus kuliah.