Dinilai berhasil kembangkan UKM, Padang kembali terima penghargaan Natamukti dari Kemenkop dan UKM

id berita padang,berita sumbar,ukm

Dinilai berhasil kembangkan UKM, Padang kembali terima penghargaan Natamukti dari Kemenkop dan UKM

Wali Kota Padang Mahyeldi (kiri) dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Syuhandra (kanan) saat menerima penghargaan Natamukti Award secara virtual di Padang, Kamis. (antarasumbar/HO)

Ke depan Pemko Padang akan terus meningkatkan sinergi dan pembinaan, sehingga UMKM terus berkembang untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang,
Padang (ANTARA) - Kota Padang kembali mendapatkan penghargaan Natamukti Award 2020 dari Kementerian Koperasi dan UKM atas keberhasilan mengembangkan Usaha kecil dan Menengah (UKM) di daerah itu setelah sebelumnya pada tahun lalu diganjar penghargaan serupa.

Penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bekerja sama dengan InternationalCouncil For Small Business (ICSB) Indonesia itu diterima secara virtual oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi dalam acara penganugerahan ICSB Indonesia City Award 2020 di Padang, Kamis.

Mahyeldi usai menerima penghargaan bersyukur karena capaian dan prestasi ini merupakan kerja keras semua pihak, terutama OPD terkait khususnya Dinas Koperasi dan UMKM.

Ia menyampaikan ke depan Pemko Padang akan terus meningkatkan sinergi dan pembinaan, sehingga UMKM terus berkembang untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

“Ada sekitar 80 ribu UMKM yang harus kita kembangkan. Oleh sebab itu penghargaan ini jadi semangat untuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan UMKM Kota Padang," ujarnya.

Ia berharap meski sekarang sedang dilanda wabah pandemi COVID-19, UMKM di Kota Padang harus tetap bergerak dan perlu melakukan langkah-langkah strategis agar tetap eksis.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, potensi UMKM di Indonesia sejatinya cukup besar namun saat ini sedang mengalami masa yang cukup sulit akibat COVID-19.

"Saat ini kita sedang menghadapi masalah yang cukup berat yaitu separoh lebih UMKM menghadapi masalah yang serius akibat pandemi COVID-19. Karena itu, pemerintah sedang mencari solusi bagaimana dalam fase survival ini UMKM dapat bertahan. Agar bisa melakukan adaptasi, dapat melakukan reorientasi usaha dan melakukan inovasi produk untuk merespon perkembangan baru," terangnya.

Teten mengingatkan pentingnya UMKM untuk bertransformasi agar dapat memiliki keunggulan sehingga mampu bersaing dalam pasar domestik maupun global.

Penghargaan Natamukti diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UKM di daerahnya.

Untuk Provinsi Sumatera Barat ada tiga daerah yang menerima penghargaan yaitu Kota Padang, Padang Panjang dan Payakumbuh.