46 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh di Kabupaten Solok

id berita kabupaten solok,berita sumbar,covid-19

46 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh di Kabupaten Solok

Juru Bicara COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam. (antarasumbar/Istimewa)

Lima pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali tes usap dengan hasil negatif,
Arosuka (ANTARA) - Jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 bertambah menjadi 46 orang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat setelah lima pasien dinyatakan sembuh.

"Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, hari ini terdapat lima pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19," kata Juru Bicara COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam di Arosuka, Rabu.

Ia menyebutkan lima pasien yang dinyatakan sembuh tersebut terdiri atas empat pasien berasal dari Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung dan satu pasien lainnya berasal dari Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjuang Siriah, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

"Lima pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali tes usap dengan hasil negatif," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan sampai saat ini total warga Kabupaten Solok yang positif COVID-19 bertambah menjadi 92 orang, terdiri atas 40 orang menjalani karantina mandiri, tiga orang dirawat di rumah sakit, tiga orang meninggal dunia, dan 46 orang dinyatakan sembuh.

"Meningkatnya kasus positif COVID-19 tersebut disebabkan karena adanya dua orang yang terkonfirmasi positif hari ini," tambah dia.

Ia menyebutkan dua pasien positif COVID-19 tersebut berasal dari Kecamatan Kubung yaitu seorang laki-laki (50) yang bekerja sebagai pedagang dan saat ini tengah menjalani karantina mandiri.

"Kemudian, seorang perempuan (38) berasal dari Nagari Koto Baru juga bekerja sebagai pedagang, sekarang sedang menjalani karantina mandiri," ujar dia.

Ia menyebutkan sampai hari ini juga terdapat dua pasien yang dicurigai COVID-19 dan saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Arosuka. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Gunung Talang.

"Saat ini total pemeriksaan spesimen mencapai 3.381 orang dan 1.684 berasal dari kegiatan POOL TEST Kabupaten Solok," lanjut dia.

Ia mengatakan berdasarkan indikator Kesmas untuk penetapan zonasi suatu daerah yang diupdate Diskominfo Propinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok termasuk zona kuning atau risiko rendah.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat Kabupaten Solok agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yaitu tetap memakai masker saat berinteraksi di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap menjaga imunitas tubuh.

"Hal itu bertujuan untuk membentengi diri agar terhindar dari penularan COVID-19," kata dia. ***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar