Pemkot Pariaman akan buat aturan lindungi pohon pinago guna wujudkan mitigasi tsunami

id berita pariaman,berita sumbar,pohon

Pemkot Pariaman akan buat aturan lindungi pohon pinago guna wujudkan mitigasi tsunami

Walikota Pariaman, Sumbar Genius Umar sedang menyiram pohon pinago yang ditanam di pantai Pariaman. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

Pohon pinago ini umurnya sampai ratusan tahun,
Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat masih akan membuat aturan untuk melindungi pohon pinago agar tidak dirusak dan ditebang oleh oknum tidak bertanggung jawab guna mewujudkan mitigasi bencana tsunami di daerah itu.

"Pohon pinago ini umurnya sampai ratusan tahun. Namun ada penduduk di sini yang menebangnya, ini tidak boleh dilakukan lagi" kata Walikota Pariaman, Genius Umar usai penanaman pohon pinago di pantai Pariaman, Rabu.

Padahal, lanjutnya pohon tersebut berfungsi untuk mengatasi abrasi pantai serta mengurangi dampak tsunami yang mengancam daerah itu.

Saat ini, lanjutnya pihaknya mengerahkan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk menjaga dan merawat pohon yang ditanam di tepi pantai.

"Saya pikir harus ada peraturan walikotanya agar pohon ini tidak ditebang," katanya.

Ia menyampaikan pada hari ini pihaknya bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana menanam 500 pohon pinago dari 1.000 pohon yang direncanakan. 500 pohon lagi sedang dibibitkan dan nantinya akan ditanam di kawasan pantai Pariaman.

"Ini butuh waktu pembibitan yang cukup lama karena pembibitan ini baru pertama kali," ujarnya.

Ia menambahkan pohon tersebut ditanam di Pantai Pariaman secara berlapis sehingga diharapkan lebih mengurangi dampak tsunami ketika menerjang daerah itu.

Sebelumnya Pemkot Pariaman menyiapkan Peraturan Walikota untuk melindungi dan menjaga kelestarian pohon pinago yang terbukti efektif melindungi pesisir pantai dari abrasi.

Genius Umar mengatakan bahwa pohon pinago dulu banyak di Pariaman namun kemudian ditebangi oleh warga yang belum mengetahui fungsi sebagai penjaga kawasan pesisir.

Pemerintah Kota menyiapkan peraturan khusus supaya pohon pinago lestari. "Pohon pinago nantinya akan ditanam di sepanjang pantai Kota Pariaman sehingga dapat mengurangi dampak abrasi dan melindungi warga jika terjadi tsunami," jelasnya.

Pohon pinago, ujarnya akarnya kuat mencengkeram tanah hingga bagian dalam sehingga cocok dan mampu menahan abrasi.