Warga temukan kali dengan air berminyak baunya seperti minyak tanah

id pencemaran sungai,sumba tengah

Warga temukan kali dengan air berminyak baunya seperti minyak tanah

Aparat Desa Umbu Langang di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, mengambil sampel air kali yang berminyak dan sempat memercikkan api. (ANTARA/HO Pemdes Umbu Langang)

Kupang, (ANTARA) - Warga Desa Umbu Langang di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, menemukan kali yang airnya berminyak dan baunya seperti minyak tanah.

Kepala Desa Umbu Langang Martinus Djawa Harang kepada ANTARA di Kupang, Senin pagi, mengatakan bahwa menurut keterangan warga sempat ada percikan api dari air kali yang berminyak tersebut.

"Kemarin saya sempat ke lokasi juga, setelah mendapatkan laporan dari warga saya. Baunya seperti minyak tanah," katanya.

Ia mengemukakan kemungkinan minyak yang mencemari air kali itu berasal dari lubang yang ada di kali tersebut, bukan dari orang yang menumpahkan minyak ke kali.

Menurut dia, air di sekitar lubang yang diperkirakan sebagai tempat asal minyak masih sangat panas.

"Saya sudah imbau kepada warga saya untuk menghindar dari lokasi itu. Jangan mendekati lokasi itu karena kami juga belum tahu ada apa di situ," katanya.

Martinus mengatakan bahwa aparat desa sudah mengambil sampel air yang warnanya hitam dari kali tersebut dan menyerahkannya kepada petugas penjaga hutan lindung Matalawa agar bisa diteliti lebih lanjut.

"Saya juga sudah mengimbau warga agar tak meminum air dari aliran kali itu karena khawatir sudah terkontaminasi dengan zat kimia yang bisa membahayakan nyawa seseorang," katanya. (*)