Polresta Padang: Tahapan pendaftaran bakal Calon Gubernur Sumbar kondusif

id Keamanan pilkada

Polresta Padang: Tahapan pendaftaran bakal Calon Gubernur Sumbar kondusif

Pengamanan Pilkada di Sumbar (ANTARA SUMBAR/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan tahapan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil Gubernur Sumbar yang dibuka sejak 4-6 September berjalan secara kondusif.

"Tahapan pendaftaran yang dimulai pada 4 September hingga hari ini berjalan dengan aman, lancar. Dan kondusif," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang AKBP Imran Amir, di Padang, Minggu malam.

Hal itu disampiakannya usai menggelar apel pasukan untuk menutup kegiatan pengawalan di Kantor KPU Sumbar sekitar pukul 19.00 WIB.

Ia menyampaikan terimakasih kepada para pihak baik dari pasangan calon, KPU, atau pihak lainnya yang telah berkontribusi menjaga kondusifitas.

Imran yang merupakan putra daerah itu menyebutkan dalam mengawal pendaftaran tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 320 personel.

Pengawalan dilakukan secara maksimal sejak pendaftaran dibuka pada 4 September hingga saat ini yang merupakan hari terakhir.

Ia menyebutkan fokus selanjutnya dari kepolisian adalah mengawal pemeriksaan tes kesehatan para bakal calon di RSUP M Djamil Padang mulai Senin (6/9).

"Untuk Kantor KPU pengamanan akan dilakukan oleh personel dari Brimob," katanya.

Hingga Minggu malam setidaknya empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar telah melakukan pendaftaran.

Pada hari pertama Jumat (4/9) pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldi yang diusung PKS-PPP mendaftarkan.

Kemudian hari kedua, Sabtu (5/9) pasangan yang mendaftar adalah Nasrul Abit-Indra Catri diusung oleh Partai Gerindra.

Sedangkan di hari terakhir Minggu (6/9), pasangan Fakhrizal-Genius Umar yang diusung Partai Golkar, Nasdem dan PKB mendaftarkan diri pada Minggu siang.

Pendaftaran ditutup oleh Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Partai Demokrat dan PAN.***2***