Antisipasi dini, Kejari Tanah Datar gelar simulasi tanggap darurat pemadaman kebakaran

id berita tanah datar,berita sumbar,simulasi,kebakaran

Antisipasi dini, Kejari Tanah Datar gelar simulasi tanggap darurat pemadaman kebakaran

Simulasi cepat tanggap darurat pemadam api di halaman kantor Kejaksaan Negeri Tanah Datar . (Antarasumbar/Humas Kejari Tanah Datar)

Simulasi ini digelar untuk menambah pengetahuan seluruh pegawai di Kejari Tanah Datar tentang pemadaman dan penggunaan alat pemadam api (APAR),
Batusangkar (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat bekerjasama dengan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran setempat gelar simulasi cepat tanggap darurat pemadam api di halaman kantor itu di Batusangkar, Selasa.

"Simulasi ini digelar untuk menambah pengetahuan seluruh pegawai di Kejari Tanah Datar tentang pemadaman dan penggunaan alat pemadam api (APAR)," kata Kepala Kejari Tanah Datar Hardijono Sidayat.

Simulasi tersebut dipraktikan langsung oleh kepala kejaksaan, para kasi, dan pegawai, serta security yang akan mengawasi kantor itu selama 24 jam.

Ia berharap melalui simulasi tersebut semua karyawan terutama petugas keamanan dan petugas piket bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sejak dini seperti kebakaran.

"Diharapkan simulasi ini bisa menambah pengetahuan pegawai terutama petugas keamanan selama 24 jam di kantor," katanya.

Adapun simulasi yang diperagakan diantarnya pemasangan alat pelindung diri pemadam kebakaran, penggunaan alat pemadam kebakaran atau APAR, cara memadamkan api dengan metode sederhana seperti menggunakan handuk atau karung goni basah.

Simulasi cara memadamkan api yang berjalan, cara memadamkan api dengan menggunakan tabung APAR, dan cara memadamkan api dengan menggunakan selang pemadam dari mobil damkar.

Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar, Yusnen mengatakan pada simulasi tersebut diberikan pengetahuan tentang menghadapi situasi kebakaran dengan tetap tenang dan menjelaskan fungsi dan cara pemakaian APAR.