LLDIKTI wilayah X dorong PTS tingkatkan kinerja agar jadi perguruan tinggi berkualitas

id LLDIKTI,Sumbar terkini,Pts, berkualitas

LLDIKTI wilayah X dorong PTS tingkatkan kinerja agar jadi perguruan tinggi berkualitas

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, terus mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah kerjanya yaitu Provinsi Riau, Jambi, Kepulauan Riau, dan Sumbar supaya meningkatkan kinerja dan menjadi perguruan tinggi yang berkualitas ke depannya.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, di Padang, Senin mengatakan ke depannya ia akan terus melakukan kegiatan pembinaan dalam rangka meningkatkan kinerja PTS.

"Salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja PTS berupa meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat setiap dosen," kata dia.

Ia mengatakan selain mengajar, tugas dosen juga melakukan tridharma perguruan tinggi. Setiap dosen wajib mengajar, melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Akan tetapi saya mengapresiasi beberapa PTS yang telah berhasil meraih prestasi di tingkat nasional," kata dia.

Ia juga mengapresiasi Universitas Bung Hatta yang telah berhasil meraih klaster III dan peringkat 83 secara nasional.

Selain itu, dari 97 perguruan tinggi se-Indonesia yang lolos ke Klaster III, Universitas Bung Hatta menduduki posisi ke-34.

"Selain itu, saya juga mengapresiasi Universitas Internasional Batam (UIB) yang berhasil meraih klaster III," kata dia.

Ia berharap atas prestasi yang telah diperoleh perguruan tinggi tersebut dapat menjadi motivasi dan dorongan bagi PTS lainnya di lingkungan LLDIKTI Wilayah X agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Klaster tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh kementerian untuk melihat posisi PTS di luar vokasi untuk kebijakan pengembangan ke depannya. Kemudian secara garis besar yang dinilai seperti input, output, proses, dan outcamenya.

"Hal itu untuk bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi ke depannya," kata dia.