KPU-Kejari di Agam kerjasama dalam pendampingan hukum untuk sukseskan Pilkada

id berita agam,berita sumbar,KPU

KPU-Kejari di Agam kerjasama dalam pendampingan hukum untuk sukseskan Pilkada

Ketua KPU Kabupaten Agam, Riko Antoni (kiri) dan Kepala Kejaksaan Negeri Agam, Rio Rizal (kanan) menandatangani nota kesepahaman, Senin (31/8). (antarasumbar/Yusrizal.)

Kita butuh masukan dan pertimbangan hukum dari Kejari Agam terkait regulasi yang akan dilakukan selama tahapan, sehingga kita tidak melanggar aturan yang ada,
Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat dalam pendampingan hukum diseluruh proses tahapan sehingga pesta demokrasi itu berjalan dengan baik.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua KPU Agam, Riko Antoni dengan Kepala Kejari Agam, Rio Rizal di Lubukbasung, Senin.

"Kita butuh masukan dan pertimbangan hukum dari Kejari Agam terkait regulasi yang akan dilakukan selama tahapan, sehingga kita tidak melanggar aturan yang ada," sebut Riko.

Ia menambahkan, kerjasama yang dilakukan itu seperti, pertimbangan hukum setiap tahapan sampai selesai, pendampingan proses sengketa dan lainnya.

Selama ini, ujarnya proses sengketa didampingi oleh pengacara dari pusat yang ditunjuk langsung KPU RI.

"Kalau ada gugatan setiap tahapan, maka Kejari Agam akan mendampingi kami nantinya," lanjutnya.

Sementara Kepala Kejari Agam, Rio Rizal menambahkan pihaknya akan memberikan bantuan untuk kelancaran dan kesuksesan Pilkada 2020.

"Setiap ada permasalahan dan kegiatan kita akan memberikan pendampingan dan kami siap menjadi narasumber dalam pemberian materi," katanya.

Ia mengakui, Kejari Agam merupakan Jaksa Negara bagi KPU setempat dengan tugas memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan lainnya.

Bantuan hukum itu akan diberikan baik di luar maupun dalam, sehingga KPU Agam bisa bekerja dengan baik.

Dengan kerjasama itu, tidak ada permasalahan konflik dan kejadian saat Pilkada.

"Mudah-mudahan Pilkada berjalan dengan baik dan KPU Agam sudah komitmen terkait trasparan dalam menggunakan anggaran," katanya.***2***