Kakwarcab Pramuka Pariaman peroleh penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas

id berita pariaman,berita sumbar,pramuka

Kakwarcab Pramuka Pariaman  peroleh penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas

Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar. (antarasumbar/Istimewa)

Tanda penghargaan tersebut diserahkan pagi tadi oleh Ketua Kwarda 03 Sumbar, Nasrul Abit pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Sumbar yang dilaksanakan di Agam,
Pariaman (ANTARA) - Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar memperoleh Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) karena dinilai berperan aktif dalam pengembangan pramuka di daerah itu.

"Tanda penghargaan tersebut diserahkan pagi tadi oleh Ketua Kwarda 03 Sumbar, Nasrul Abit pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Sumbar yang dilaksanakan di Agam," kata Sekretaris Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Riky Falantino di Pariaman, Senin.

Penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 078 Tahun 2020 Tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti.

Piagam Dharma Bakti Kakwarcab Pariaman dengan Nomor 10274/2020, Skep 079/2020 yang ditandatangani oleh Kakwarnas Gerakan Pramuka Komjen (Purn) Budi Waseso pada 10 Agustus 2020.

Ia menjelaskan ada belasan kegiatan yang dilakukan oleh Genius selama menjadi Kakwarda Pramuka Pariaman sehingga mendapatkan penghargaan tersebut yaitu di antaranya melaksanakan Jambore Serumpun (Indonesia-Malaysia) pada 2016.

Lalu, lanjutnya ikut melakukan penggalangan dana bencana yang tidak saja terjadi di Sumbar namun juga di Indonesia serta berpartisipasi dalam percepatan penanganan COVID-19 di Kota Pariaman.

"Serta sejumlah kegiatan sosial dan kepramukaan lainnya," ujarnya.

Ia menyampaikan kegiatan Rakerda yang sekaligus peringatan HUT Pramuka ke 59 diselenggarakan pada Minggu (23/8) sampai dengan hari ini.

Selain Genius Umar, ada dua pengurus Kwarcab 16 Pariaman lainnya yang memperoleh penghargaan yaitu Dr. Syofyan sebagai wakil ketua dengan penghargaan Pancawarsa IV dan Riky Falantino sebagai sekretaris dengan penghargaan yang diperoleh Pancawarsa I.